Jumat, 27 September 2024

Ketua Barisan Relawan Prabowo-Gibran Jatim Dipecat Buntut Dukung Risma-Gus Hans

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
BRIM 08 Jatim saat menyatakan dukungan ke Risma-Gus Hans Cagub Cawagub Jatim nomor urut 3 dalam sebuah pertemuan di salah satu cafe Kota Surabaya, Selasa (23/9/2024) malam. Foto: Istimewa

Muji Hartono Ketua DPD Barisan Relawan Indonesia Maju (BRIM) 08 Jawa Timur dipecat diduga buntut memberikan dukungan kepada pasangan Tri Rismaharini dan Zahrul Azahar Asumta atau Gus Hans, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim nomor urut 3 di Pilkada 2024.

Untuk diketahui, kelompok BRIM 08 merupakan barisan pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Presiden Februari 2024 lalu.

Sedangkan koalisi dan relawan Prabowo-Gibran, saat ini telah berafiliasi atau mengerahkan dukungan ke Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Cagub-Cawagub nomor urut 2.

Irfan Fauzi Ketua Umum BRIM-08 mengatakan, pemecatan ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum Barisan Relawan Indonesia Maju (BRIM-08) No. 03/SKKU-BRIM-08/IX/2024 tentang Pencabutan Surat Ketua Umum Nomor 01.002/SK-PD/BRIM08/X/2023 tentang Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah BRIM-08 Provinsi Jawa Timur Periode 2023-2024. Surat ini dikeluarkan tanggal 26 September 2024.

Dalam surat itu dijelaskan, Muji dipecat lantaran mengarahkan dukungan terhadap Risma dan Gus Hans dalam pertemuan di sebuah cafe Kota Surabaya, Selasa (23/9/2024) malam. Selain itu, DPD BRIM 08 Jatim juga dibekukan.

“Dukungan BRIM-08 DPD Jatim dilakukan tanpa sepengetahuan dan koordinasi dengan DPP BRIM-08. BRIM-08 selalu mendukung dan tegak lurus terhadap pasangan Prabowo-Gibran, sebagai penerus program-program pembangunan dari Jokowi Presiden,” kata Irfan, Kamis (26/9/2024).

Irfan menegaskan, dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 khususnya di Jawa Timur, BRIM-08 akan mendukung pasangan calon yang didukung dan mendukung Prabowo-Gibran.

“BRIM-08 dalam rangkaian pilkada di Indonesia pada umumnya dan di Jawa Timur pada khususnya, akan selalu berada pada partai-partai dan pasangan atau tokoh yang didukung dan mendukung Prabowo-Gibran pada saat Pilpres 2024 dilaksanakan,” jelasnya.

Sementara itu pihak DPP BRIM-08 mengaku telah melakukan koordinasi dan diskusi dengan Muji Hartono, mengenai tindakannya yang dianggap melanggar kebijakan dan peraturan organisasi BRIM-08.

“Dalam tanggapannya, Muji Hartono Ketua DPD BRIM-08 Jawa Timur, menyampaikan bahwa dia bersedia untuk dipecat dari organisasi BRIM-08 atas tindakannya
tersebut,” ungkap Irfan.

Sementara itu, Tri Rismaharini Calon Gubernur Jatim nomor urut 3, mengatakan sebelumnya dirinya tidak tahu bahwa kelompok BRIM-08 merupakan relawan Prabowo-Gibran, serta ada pemecatan terhadap ketua BRIM-08 Jatim.

“Saya nggak tahu ya itu, saya nggak ngerti itu yang menghubungi mereka,” kata Risma saat ditemui di Rakerdasus DPD PDIP Jatim di Surabaya, Kamis malam.

Diberitakan suarasurabaya.net sebelumnya, Tri Rismaharini dan Zahrul Azahar Asumta atau Gus Hans Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jatim nomor urut 3 mendapat dukungan dari kelompok Barisan Relawan Indonesia Maju (BRIM) 08 di Surabaya, Selasa (24/9/2024) malam.

Kelompok yang mengatasnamakan BRIM 08 itu sebelumnya mengerahkan dukungan ke pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres Februari kemarin.

Risma mengaku tidak mempermasalahkan dukungan relawan Prabowo-Gibran untuk membantu dirinya dengan Gus Hans di Pilkada Jatim.

Di sisi lain, Mujihartono Ketua DPD BRIM 08 Jawa Timur saat itu menjelaskan keputusan mendukung Risma-Gus Hans di Pilkada Jatim merupakan aspirasi dari setiap ketua dewan pimpinan cabang (DPC) daerah.

Muji Hartono menyebut, sebanyak 21 Kabupaten/Kota menyatakan dukung terhadap Cagub-Cawagub yang diusung PDI Perjuangan dan Hanura itu.

“Ini bukan dari siapa pendukung partainya. Dari sosok beliaunya yang cerdas akhirnya kita merapat ke semua ke ibu Risma,” ungkapnya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 27 September 2024
26o
Kurs