Senin, 16 September 2024

Jokowi Sudah Tandatangani Mundurnya Risma Mensos Setelah Maju Pilkada Jatim 2024

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI saat diwawancarai awak media di sela kunjungan kerjanya di Surabaya, Jumat (6/9/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden RI menyatakan sudah menandatangani mundurnya Tri Rismaharini dari jabatannya Menteri Sosial (Mensos) setelah maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2024.

Jokowi membenarkan Risma sudah mengajukan surat pengunduran diri kepadanya.

“Sudah mengajukan pengunduran diri,” kata Jokowi, Jumat (6/9/2024).

Surat pengunduran diri Risma itu, katanya, juga sudah ditandatangani.

“Dan sudah saya tandatangani pengunduran dirinya, ya. Tapi penggantinya nanti sebentar lagi,” ucapnya.

Sebelumnya Risma irit bicara saat ditanya awak media soal janjinya akan segera mundur dari Menteri Sosial sesudah mendaftar di KPU untuk Pilkada Jatim 2024.

“Nanti saja ya. Aku ndak tahu (Jokowi sudah menyetujui pengunduran diri atau belum),” ucap Risma sambil berbisik pada media saat melakukan ziarah ke makam Sunan Ampel di Surabaya bersama wakilnya Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans, Kamis (5/9/2024).

Diberitakan sebelumnya, Risma mengaku segera menemui Joko Widodo Presiden, Jumat (30/8/2024), untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

“Mundur (dari Mensos). Saya besok InsyaAllah kalau bisa minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri,” kata Risma saat ziarah di Makam Mbah Bungkul, Surabaya, Kamis (29/8/2024) lalu.

Meski tidak ada peraturan yang menyebut harus mundur sebagai menteri apabila maju di Pilkada, Risma menuturkan akan tetap mundur dan menyampaikan niat itu kepada Jokowi secara langsung. (lta/ham/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 16 September 2024
33o
Kurs