Minggu, 20 Oktober 2024

Jokowi dan Prabowo Presiden Akan Pisah Sambut di Istana Merdeka

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prabowo Subianto Presiden ke-8 Republik Indonesia dalam perjalanan menuju Istana Kepresidenan Jakarta melakukan prosesi pisah sambut dengan Joko Widodo Presiden RI periode 2019-2024, Minggu (20/10/2024). Prabowo menumpang mobil putih bertuliskan Garuda dengan pelat Indonesia 1. Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden RI periode 2019-2024 dan Prabowo Subianto yang sudah resmi menjadi Presiden RI periode 2024-2029, siang hari ini, Minggu (20/10/2024), akan melakukan prosesi pisah sambut, di Istana Kepresidenan Jakarta.

Pisah sambut merupakan penanda transisi kepemimpinan nasional yang mulus, hasil Pemilihan Umum (Pemilu).

Pantauan suarasurabaya.net, di lokasi, karpet merah sudah terpasang di halaman Istana Merdeka. Lalu, tenda dan bangku tersusun rapi di sisi timur dan barat, untuk para tamu undangan.

Pukul 12.40 WIB, iring-iringan kendaraan yang mengangkut Jokowi dan Iriana tiba di area Istana Kepresidenan.

Sesampainya di Istana, Jokowi dan Iriana langsung masuk ke dalam gedung.

Sementara, di area Monumen Nasional (Monas) yang persis di sisi selatan Istana Merdeka, ada panggung hiburan untuk warga masyarakat yang menyambut Presiden dan Wakil Presiden masa tugas lima tahun ke depan.

Salah satu pengisi acara hiburan di panggung itu adalah Grup Band Dewa 19.

Rencananya, Prabowo Presiden akan mengantar Jokowi dan Iriana pulang ke Solo, Jawa Tengah, sampai Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Selanjutnya, Prabowo terjadwal menghadiri jamuan makan malam (gala dinner) sebagai penghormatan kepada para tamu negara yang menghadiri acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Seperti diketahui, Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024 berkat dukungan 96,2 juta suara (58,5 persen), dari total 164,2 juta suara sah nasional.

Pasangan yang diusung Partai Gerindra, Golkar dan sejumlah partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju unggul dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Minggu, 20 Oktober 2024
26o
Kurs