Kamis, 19 September 2024

Jadi Mensos, Gus Ipul Mundur dari Posisi Wali Kota Pasuruan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Saifullah Yusuf mengucapkan sumpah jabatan sebagai Menteri Sosial, Rabu (11/9/2024), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Rabu (11/9/2024), melantik Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Menteri Sosial (Mensos), menggantikan Tri Rismaharini, di Istana Negara, Jakarta.

Dasar pelantikannya yaitu Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102 P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Sesudah prosesi pelantikan, Gus Ipul mengatakan baru dua hari yang lalu mendapat informasi untuk masuk Kabinet Indonesia Maju.

Walau masa tugasnya cuma sekitar satu bulan, dia berharap bisa menjalankan tugasnya dengan baik dalam rangka menata masa transisi ke pemerintahan selanjutnya.

“Pasti Presiden punya maksud yang saya kira di antaranya adalah mencoba untuk menata masa transisi. Ini adalah kepercayaan. Jadi, sebisa mungkin saya lakukan sesuai kemampuan yang saya miliki,” ujarnya.

Karena statusnya sebagai menteri, Gus Ipul per hari ini mengundurkan diri dari posisi Wali Kota Pasuruan. Sedangkan untuk Sekretaris Jenderal PBNU, dia belum ambil keputusan.

“Per hari ini juga saya mundur sebagai Wali Kota Pasuruan, otomatis itu,” tegasnya.

Seperti diketahui, Saifullah Yusuf pernah menjabat Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal di Kabinet Indonesia Bersatu era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dari tahun 2004-2007.

Mantan Wakil Gubenur Jawa Timur itu ditunjuk menggantikan Risma yang mengundurkan diri untuk ikut Pemilihan Gubernur Jawa Timur di Pilkada 2024.

Sebelumnya, Jumat (6/9/2024), di Sidoarjo, Jawa Timur, Presiden menyebut sudah menerima surat pengunduran diri Tri Rismaharini sebagai Mensos, dan Pramono Anung Sekretaris Kabinet.

Jokowi menyebut pengaturan ulang (reshuffle) menteri di Kabinet Indonesia Maju bisa dilakukan menjelang selesai masa jabatannya, 20 Oktober 2024. (rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
34o
Kurs