Senin, 16 September 2024

Hoax: Gibran Rakabuming Raka Gagal Dilantik karena Akun Fufufafa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mendampingi Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029 uji coba makan gratis di SDN Klampis Ngasem III Kota Surabaya, Kamis (1/8/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Sebuah unggahan video di YouTube berdurasi delapan menit menarasikan Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden Terpilih gagal dilantik karena dianggap menghina anak Prabowo dengan menggunakan akun media sosialnya.

Sebelumnya, ramai di media sosial yang menarasikan sebuah akun bernama Fufufafa yang diduga milik Gibran, dan disebut-sebut menghina Prabowo Subianto Presiden Terpilih dan anaknya beberapa tahun yang lalu.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GEMP4RR!! GIBRAN G4G4L DIL4NTIK SETELAH KETHU4N HINA PR4BOWO DAN ANAKNYA ~ BREAKING NEWS”

Namun, benarkah jejak digital Gibran yang menghina Prabowo menjadi alasan Gibran gagal dilantik?

Melansir Antara, faktanya unggahan yang menarasikan Jejak digital digital Gibran hina Prabowo jadi alasan Gibran gagal dilantik, isi videonya tidak sesuai dengan narasi judul (YouTube).

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, unggahan video tersebut hanya menggabungkan beberapa potongan video Gibran. Salah satunya video respon Gibran soal isu hubungan Jokowi dan Prabowo yang diisukan merenggang. Seperti yang diunggah Kompas TV.

Kemudian narator hanya membacakan artikel Jawapos yang berjudul “Kronologi Trending Topik Fufufafa yang Diduga Ditulis oleh Gibran Rakabuming Raka: Sebut Prabowo Subianto Punya Anak H*mo dan Pecatan TNI”.

Dalam artikel tersebut, tidak ada narasi yang menyebutkan Gibran gagal dilantik karena kontroversi jejak digitalnya. Hingga saat ini, belum ada klarifikasi terkait siapa sebenarnya dibalik akun tersebut. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 16 September 2024
32o
Kurs