Selasa, 22 Oktober 2024

Hari Ini, Prabowo Presiden Melantik Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Merah Putih

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prabowo Subianto Presiden mengumumkan nama-nama menteri Kabinet Merah Putih, Minggu (20/10/2024) malam, di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Prabowo Subianto Presiden sudah menetapkan nama-nama menteri, wakil menteri serta kepala badan/lembaga setingkat menteri dalam pemerintahan periode 2024-2029 yang diberi nama Kabinet Merah Putih.

Nama-nama mereka yang masuk jajaran kabinet Prabowo-Gibran, diumumkan tadi malam, Minggu (20/10/2024), di Istana Merdeka, Jakarta.

Kemudian, hari ini Prabowo terjadwal melantik para pembantunya itu, di Istana Negara. Rencananya, menteri-menteri mengucapkan sumpah/janji jabatan pukul 09.30 WIB.

Sementara para wakil menteri kemungkinan dilantik sore hari sekitar pukul 15.00 WIB.

Dalam keterangannya, Prabowo mengatakan nama Kabinet Merah Putih sudah disepakati oleh para ketua umum partai politik koalisi pendukung pemerintah.

Total ada 48 menteri plus lima kepala badan/lembaga setingkat menteri. Sementara, wakil menteri dan wakil kepala badan/lembaga sebanyak 56 orang.

Sejumlah politikus dan profesional yang sebelumnya jadi menteri di pemerintahan Joko Widodo kembali masuk daftar menteri di Kabinet Merah Putih.

Antara lain, Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Bahlil Lahadalia dari Partai Golkar, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Pratikno mantan Menteri Sekretaris Negara yang jadi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Kemudian, Sri Mulyani Indrawati yang tetap menjabat Menteri Keuangan, Erick Thohir Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan, dan Sakti Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian DPP Partai Gerindra menjelaskan tujuan dari bertambah banyaknya jumlah kementerian di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Selain untuk mengakomodir partai politik koalisi, penambahan kementerian/lembaga juga untuk mengoptimalkan fungsinya supaya lebih bermanfaat buat rakyat.(rid/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
25o
Kurs