Jumat, 18 Oktober 2024

Gus Hans Paparkan Strategi Menaikkan Pengunjung di Wisata Cagar Budaya Jawa Timur

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 3 saat menjawab pertanyaan di Acara Debat Calon Pilgub Graha Unesa Surabaya, Jumat (18/10/2024). Foto Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Zahrul Azhar Asumta atau yang biasa disapa Gus Hans Calon Wakil Gubernur (Cawagub) pasangan Tri Rismaharini Calon Gubernur (Cagub) nomor urut 3 membeberkan beberapa strategi untuk meningkatkan pengunjung di tempat wisata cagar budaya di Jatim

Pertama, ia menekankan pentingnya akses yang bisa dijangkau oleh masyarakat atau infrastruktur yang mewadahi di lokasi wisata cagar budaya di Jatim.

“Karena sekarang masih banyak yang tidak bisa diakses sehingga harus diperbaiki,” katanya.

“Kebetulan saya sudah melakukan sebagai perencana wisata syari’ah. Hati saya tidak jauh dari wisata, karena juga menggandeng wistaawan,” imbuhnya.

Kedua, ia menekankan pentingnya melatih guide wisata untuk memiliki kecakapan dalam story telling, sehingga bisa menyampaikan wawasan dengan baik dan menarik kepada wisatawan.

Ketiga, ia menyampaikan perlunya memperbanyak kegiatan di tempat wisata, untuk mengajak masyarakat hadir ke tempat wisata cagar budaya.

“Sehingga, masyarakat tahu kelebihannya situs tersebut. Dan statusnya juga harus diketahui, apakah dimiliki negara atau perorangan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan pentingnya keberpihakan anggaran di sektor wisata cagar budaya, untuk memastikan terurus dengan baik.

“Ini memberikan memakmurkan untuk Jatim,” ucapnya.

Seperti diketahui, dalam Pilkada Jatim 2024 ini, ada tiga pasangan calon, yaini nomor urut 1 ada Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim, yang diusung oleh PKB.

Pasangan calon nomor urut 2, ada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak yang diusung oleh PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Dan pasangan calon nomor urut 3, ada Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans yang diusung PDIP dan Hanura.(ris/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
29o
Kurs