Kamis, 19 September 2024

Demo Mahasiswa Surabaya di DPRD Jatim Dimulai, Massa Terus Berdatangan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Para mahasiswa dari berbagai kampus di Surabaya demo di depan Gedung DPRD Jatim, Jumat (23/8/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Aksi demonstrasi mahasiswa di Kota Surabaya di depan Gedung DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura dimulai tepat sesudah salat Jumat sekitar pukul 12.30 WIB, Jumat (23/8/2024).

Pantauan suarasurabaya.net, satu mobil komando sudah mulai datang di jam tersebut. Tidak lama kemudian massa aksi langsung menyemut di depan gedung DPRD Jatim dan memulai orasi.

Diketahui, aksi demo mahasiswa Jumat siang ini buntut polemik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No.60 dan 70 yang sebelumnya tidak banyak diakomodir oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR RI untuk RUU Pilkada.

Nampak sekelompok ibu-ibu juga ikut demo di depan Gedung DPRD Jatim sambil menunjukkan berbagai poster bentuk protes terhadap pemerintahan Jokowi Presiden, Jumat (23/8/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Sejumlah mahasiswa silih berganti naik ke mobil komando untuk menyampaikan orasi. “Jangan mau negara diatur oleh satu keluarga, lawan,” ucap salah satu mahasiswa yang sedang beroasi.

Sementara, AKBP Arif Fazzlurahman Kasat Lantas Polrestanes Surabaya menyebut, arus lalu lintas di Jalan Indrapura mulai ditutup pukul 12.30 WIB dan sudah dilakukan rekayasa lalu lintas.

“Sudah ditutup sekitar 10 menit lalu, dilakukan rekayasa lalu lintas,” kata Arif.

Arus lalu lintas dari Jalan Bubutan menuju Jalan Indrapura dialihkan ke Jalan Kebun Rojo dan Stasiun Kota. Kemudian lalu lintas dari Jalan Veteran menuju Jalan Pahlawan dialihkan ke Jalan Stasiun Kota.

Begitu juga dengan arus lalu lintas dari Jalan Pasarturi menuju Jalan Indrapura dialihkan ke Jalan Bubutan.

Kemudian seiring berjalannya waktu, hingga 13.00 WIB. Massa aksi dari kelompok mahasiswa terus berdatangan. Para mahasiswa yang hadir hari ini datang dari berbagai kampus. Beberapa di antaranya, Universitas Airlangga, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa). (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
33o
Kurs