Rabu, 23 Oktober 2024

Demo Mahasiswa di DPRD Jateng Diwarnai Perusakan Pagar dan Gas Air Mata

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Polisi menjaga demonstrasi mahasiswa di pintu belakang Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kamis (22/8/2024). Foto: Antara

Aksi demonstrasi mahasiswa di DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), di Kota Semarang, Kamis (22/8/2204) siang, dilaporkan berakhir ricuh dan diwarnai penembakan gas air mata.

Melansir Antara, Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang awalnya menggelar aksi mendukung penerapan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60/PUU-XXII/2024.

Aksi mahasiswa pada awalnya digelar di depan Gedung DPRD yang berlokasi di Jalan Pahlawan. Total ada 750 personel kepolisian dengan didukung mobil meriam air berjaga untuk mengantisipasi masuk ke dalam gedung dewan.

Namun di pertengahan aksi, mahasiswa beralih ke pintu belakang DPRD yang tidak terjaga. Massa merusak pagar pintu belakang gedung dewan, kemudian melanjutkan orasi di tempat tersebut.

Polisi kemudian menembakan gas air mata beberapa kali untuk membubarkan para peserta aksi yang dirasa sudah ricuh atau tidak kondusif.

Kombes Pol. Artanto Kabid Humas Polda Jateng mengatakan bahwa skenario pengamanan aksi sudah disiapkan. Karenanya, dia menyebut polisi siap melakukan upaya tegas jika situasi menjadi kacau dan peserta aksi melakukan tindak pidana.

“Mahasiswa sudah diimbau untuk jaga situasi keamanan selama beraksi,” katanya. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
26o
Kurs