Kamis, 19 September 2024

Cak Imin Sebut Ma’ruf Amin Wapres RI Tak Mau Lagi Jadi Juru Damai Konflik PKB-PBNU

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
KH Maruf Amin Wakil Presiden. Foto: Antara

Muhaimin Iskandar Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (Ketum DPP PKB) mengklaim K.H Ma’ruf Amin Wakil Presiden (Wapres) sudah tidak mau menjadi juru damai untuk menyelesaikan konflik antara partainya dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“Sudah enggak lagi karena beliau lebih tegas lagi. Ini bukan soal dua organisasi yang sama, ini beda, urusannya sudah beda. NU urusannya apa, PKB urusannya apa,” kata Cak Imin sapaan akrabnya, di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, Kamis (15/8/2024) dilansir Antara.

Cak Imin kemudian menegaskan kembali bahwa Wapres juga tidak mau menjadi juru damai saat ditanya para jurnalis.

“Karena enggak ada konflik apa-apa. Ini dua lembaga yang berbeda. Masukan atau kritik, jangankan masukan atau kritik PBNU, kritik orang lain saja kami anggap sebagai perbaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Cak Imin mengatakan bahwa dalam pertemuan pengurus PKB, Ma’ruf  Amin Wapres menyampaikan agar PKB jalan terus dan tidak terpengaruh situasi apa pun.

Wapres juga mengatakan agar menyukseskan Muktamar PKB dan tidak perlu khawatir. “Beliau ingin di-update perkembangan dan itu nanti akan kami laporkan setiap perkembangan, aspirasi para peserta muktamar yang 3.000 itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin Wapres mengatakan bahwa dirinya siap menjadi penengah atas konflik yang terjadi antara PKB dengan PBNU

“Kalau keinginan mereka itu untuk saya diminta sebagai orang yang mengislahkan, mendamaikan dengan tulus dan ikhlas, saya sangat bersedia,” kata Wapres dalam keterangan pers usai meninjau MuseumKu Gerabah Timbul Raharjo Kasongan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (7/8/2024) pekan lalu. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
34o
Kurs