Jumat, 20 September 2024

Berangkat Pilbup Sidoarjo Lewat Gerindra, Golkar dan Demokrat, Subandi Mundur dari PKB

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Subandi Plt Bupati Sidoarjo. Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Subandi bakal calon Bupati Sidoarjo mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo, karena memilih maju dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) bersama Mimik Idayana lewat Partai Gerindra, Golkar dan Demokrat.

Hal tersebut dikonfirmasi Usman, Wakil Ketua DPC PKB Sidoarjo dalam keterangannya kepada awak media, Kamis (29/8/2024), sesudah rapat Pleno dalam rangka persiapan pemberangkatan calon kepala daerah yang diusung PKB.

“Pak Bandi akan berangkat melalui Partai Gerindra, Demokrat, dan Golkar. Dengan begitu, karena status dia sebagai ketua DPC, maka sudah seharusnya DPC melaksanakan pleno untuk penggantian beliaunya. Dan ini merupakan instruksi dari DPP, agar secara legalitas nanti pendaftaran bisa diterima dengan baik,” ujar Usman dalam keterangannya yang diterima.

Jabatan Ketua DPC Sidoarjo, kata Usman, selanjutnya bakal dijabat oleh Abdillah Nasih sebagai pelaksana tugas (Plt), serta  Sihabuddin sebagai Sekretaris DPC. “Jadi (Ketua DPC) bersifat Plt sambil nanti menunggu instruksi lebih lanjut dari DPP seperti apa,” ucapnya.

Sebagai informasi, sampai saat ini di hari terakhir pendaftaran calon bupati di KPU Sidoarjo, DPP PKB masih belum menurunkan rekomendasi pasangan calon. Meski demikian, Usman memastikan ada calon dari PKB, baik koalisi dengan partai lain maupun sendirian.

“Yang pasti ada calon dari PKB yang akan kita daftarkan nanti malam sebagai seorang kader partai,” ucapnya.

Saat disinggung soal kesiapan dirinya jika diberi rekomendasi maju di Pilbu, dia memastikan selalu siap. Sebagai seorang kader partai, ditugaskan dimana pun, ya harus selalu siap. Tapi, ya semua itu sudah mempunyai kalkulasi, karena target kita adalah menang,” ucapnya.

Sementara Abdillah Nasih dalam kesempatan yang sama mengatakan status Subandi dipastikan mundur dari PKB.

Namun, sampai saat ini diakui masih belum ada surat pengunduran resmi dari yang bersangkutan. Nantinya keputusan mutlak akan diambil oleh DPP terkait status Plt Bupati Sidoarjo itu.

“Sementara mundur, karena dia tidak berkenan untuk berangkat dari sini (PKB). Sampai hari ini kita belum menerima itu (surat pengunduran). Secara lisan (mundurnya),” ungkapnya.

Dia mengungkapkan saat ini PKB sejatinya punya dua kader potensial yang bisa diusung untuk maju di Pilbub Sidoarjo. Selain Subandi, ada nama Achmad Amir Aslichin putra Saiful Ilah, mantan Bupati Sidoarjo. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
26o
Kurs