Kamis, 19 September 2024

Awali Kunjungan Kerja di Rusia, Megawati Tiba di St.Petersburg University Disambut Rektor

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Presiden kelima RI disambut dengan hangat oleh Prof. Nikolay Kropachev Rektor Universitas St. Petersburg. Foto : istimewa

Megawati Soekarnoputri Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengawali kunjungan kerjanya di Rusia dengan menggelar pertemuan dan ramah tamah dengan Prof. Nikolay Kropachev Rektor Universitas St. Petersburg di kantor Rektor Universitas St. Petersburg, pada Senin (16/9/2024) siang waktu setempat.

Megawati tiba di Kompleks Gedung Rektorat Kampus tersebut sekitar pukul 11.50 waktu setempat.

Turun dari mobil, Megawati didampingi oleh Bintang Puspayoga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Connie Rahakundini Bakrie Guru Besar Fakultas Hubungan Internasional Universitas St.Petersburg.

Megawati mengenakan pakaian bernuansa merah putih dengan motif bunga-bunga. Selendang berwarna merah juga menghiasi pakaiannya.

Terlihat juga yang turut mendampingi Megawati, Ahmad Basarah Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri, Rokhmin Dahuri Ismail Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan, Bambang Kesowo anggota Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Amarulla Octavian Wakil Kepala BRIN. Sejumlah sahabat Megawati juga ikut menemani, seperti Herman Herry serta Samuel Wattimena.

Megawati dan rombongan disambut dengan hangat oleh Prof. Nikolay Kropachev Rektor Universitas St. Petersburg.

Prof. Nikolay pun memberikan buket bunga mawar kepada Megawati. Dia juga memuji penampilan Megawati dengan pakaian bernuansa merah putih dengan motif bunga-bunga.

Dia mengatakan, sangat senang kampus St. Petersburg bisa dikunjungi oleh Megawati beserta rombongan.

Selanjutnya, Prof. Nikolay mengajak Megawati beserta rombongan berkeliling sekitar gedung rektorat Universitas St. Petersburg.

Dia menjelaskan kepada Megawati salah satu bangunan Kampus. Diketahui, Universitas St. Petersburg adalah universitas tertua di Rusia yang kini berusia 300 tahun, berdiri pada tahun 1724.

Selanjutnya, Ketua Dewan Pengarah BRIN ini pun diajak melanjutkan perjalanan untuk masuk ke dalam Gedung Rektorat. Sepanjang lorong Gedung Kampus, Megawati banyak bertanya sekaligus mendapat penjelasan singkat tentang sejarah Universitas St. Petersburg.

“Jadi umur kampus ini sudah sejak tahun kapan ya?” tanya Megawati.

Seorang perempuan penerjemah lalu meneruskan pertanyaan Megawati kepada si rektor. Nikolay lalu memberi penjelasan, dan diterjemahkan oleh perempuan penerjemah berbaju hijau yang menyampaikan ke Megawati. “Sudah sejak tahun 1800-an,” katanya.

Prof. Nikolay juga menunjukan sebuah lukisan suasana kampus tempo dulu. Dimana, lukisan itu menunjukkan gambar Universitas St. Petersburg di tepi Sungai Neva. Megawati pun mengaku kagum dengan lukisan itu. Dia juga sempat menanyakan sosok yang melukis gambar tersebut.

Tak terasa, Megawati beserta rombongan tiba di depan ruangan kerja sekaligus ruang pertemuan kedua delegasi. Prof. Nikolay mempersilahkan untuk masuk ke dalamnya.

Ditemani teh hangat, Megawati bersama rombongan pun mengawali pembicaraan kerja sama dengan pihak Universitas St. Petersburg.

Megawati duduk dengan Bintang Puspayoga di sebelah kirinya, dan Bambang Kesowo di sebelah kanannya.

Rektor Prof. Nikolay tampak didampingi oleh Sergey Andryushin Wakil Rektor Bidang Hubungan Internasional, Elena Lebedeva Kepala Penelitian Universitas St.Petersburg, dan Connie Rahakundini Bakrie Guru Besar Fakultas Hubungan Internasional Universitas St.Petersburg.

Pertemuan membahas sejumlah rancangan kerja sama di banyak bidang.

Sesudah pertemuan ini, Megawati dijadwalkan memberikan kuliah umum di Fakultas Hubungan Internasional Universitas St. Petersburg. Adapun tajuk kuliah umum Megawati yakni Tantangan Geopolitik dan Pancasila sebagai Jalan Tata Dunia Baru.(faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
23o
Kurs