Rabu, 23 Oktober 2024

Antusiasme Masyarakat Menyaksikan Kirab Maskot Pilkada di Jalan Tunjungan Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Arus lalu lintas di Jalan Tunjungan dibagi dua lajur, di sisi kanan untuk kirab sedangkan sisi sebelahnya untuk pengguna jalan , Rabu (23/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Masyarakat antusias menyaksikan kirab 39 maskot Pilkada 2024 milik KPU Kabupaten/Kota dan Provinsi Jawa Timur (Jatim), saat melintas di Jalan Tunjungan, Surabaya, Rabu (23/10/2024) sore.

Pantauan suarasurabaya.net, ratusan masyarakat menyaksikan kirab dari balik pagar pembatas yang sudah disiapkan oleh panitia di sepanjang Jalan Tunjungan.

Kebanyakan dari masyarakat yang menyaksikan kirab merupakan para pengunjung yang sedang jalan-jalan di kawasan Jalan Tunjungan, serta para pegawai.

Seperti Desi (21) mahasiswi Surabaya yang kebetulan berada di Jalan Tunjungan mengaku sebelumnya memang tahu ada kirab maskot Pilkada 2024.

“Sebelumnya sempat lihat di sosmed akan ada kirab maskot, kebetulan sore ini main di Tunjungan jadi sekalian lihat. Mungkin ini bagian sosialisasi pilkada,” katanya.

Sementara pantauan lalu lintas, mobil dan motor masih bisa melintas di Jalan Tunjungan, namun dibagi dua jalur. Rombongan kirab berada di lajur kanan sedangkan pengendara di sebelah kiri.

Pewakilan dari maskot KPU Magetan berbagi hasil bumi di acara Puncak Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 se-Jawa Timur di Jalan Tunjungan Surabaya, Rabu (23/10/2024). Foto: Kevin Wijaya Mg suarasurabaya.net

Kepadatan juga sempat terjadi di simpang empat sebelum Jalan Tunjungan, tepatnya di depan Gedung Siola. Kemudian Jalan Gemblongan sebelum Tunjungan juga mengalami kepadatan hingga rombongan mobil kirab mengekor cukup panjang.

Petugas kepolisian juga terlihat melakukan pengaturan lalu lintas di pos polisi depan Gedung Siola serta beberapa titik sepanjang Jalan Tunjungan.

Untuk diketahui, rangakaian acara Kirab 39 Maskot Pilkada akan berlanjut di sesi kedua sesudah Magrib.

Nur Salam Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim mengatakan, akan digelar Kirab Defile di kawasan Kota Lama Surabaya. Karnival itu menampilkan busana kreasi dan penampilan kesenian dari setiap daerah.

“Untuk malam hari Magrib itu kita menggelar KPU Karnival jadi di ada busana kreasi diikuti KPU kabupaten/kota beserta sekretariat mengenakan kostum, ada masing-masing daerah dan menampilkan kesenian yang dibawa, misalkan Ponorogo bawa Reog. Termasuk menampilkan Ul Daul yang Madura,” katanya.

Nur Salam mengatakan, dalam kegiatan Kirab Maskot Pilkada 2024 di Surabaya besok akan diikuti oleh 50 orang perwakilan dari 38 KPU kabupaten/kota.

“Yang hadir itu masing-masing 50 orang. Terdiri dari KPU, komisioner, jajaran sekretariat. Sehingga ada 50 dikali 38 kabupaten/kota itu berkumpul bagian dari rangkaian kirab maskot dari rangkaian sebelumnya,” pungkasnya

Rute Kirab Defile itu akan start di Jalan Elang hingga Jalan Pahlawan di depan Kantor Gubernuran. Para pengguna jalan pada pukul 17.00-22.00 WIB diimbau agar menghindari Jalan Rajawali (Taman Sejarah), Jalan Jembatan Merah, Jalan Cenderawasih, Jalan Veteran, dan Jalan Kebon Rejo.

Kegiatan ini juga menjadi upaya KPU Jatim untuk mensosialisasikan Pilkada Kabupaten/Kota serta Provinsi yang berlangsung pada Rabu 27 November 2024 mendatang.(wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
31o
Kurs