Jumat, 20 September 2024

Airlangga Hartarto Mundur dari Posisi Ketua Umum Partai Golkar

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam APEC Leaders Retreat Session 2 di Bangkok, Thailand, Sabtu (19/11/2022). Foto: Kemenko Perekonomian

Airlangga Hartarto, hari ini, Minggu (11/8/2024), mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Lewat rekaman video berdurasi sekitar tiga menit, Airlangga menyatakan mundur untuk menjaga keutuhan Partai Golkar, dan menjamin stabilitas transisi pemerintahan dalam waktu dekat.

Sesudah melakukan berbagai pertimbangan, Airlangga memutuskan mundur dan tidak lagi memimpin Golkar, terhitung mulai hari, Sabtu (10/8/2024) malam.

“Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim dan atas petunjuk Tuhan yang maha besar, maka dengan ini menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengucapkan terima kasih kepada Joko Widodo Presiden, Ma’ruf Amin Wakil Presiden, serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Presiden dan Wakil Presiden Terpilih hasil Pemilu 2024.

Kemudian, Airlangga berterima kasih kepada para petinggi dan senior Partai Golkar, di antaranya Jusuf Kalla, Abu Rizal Bakrie, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Agung Laksono.

Politikus yang sekarang tercatat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian yakin seluruh prestasi Partai Golkar yang sudah dicapai bisa berlanjut dan lebih baik lagi.

Sebelumnya, Dito Ariotedjo Ketua DPP Partai Golkar menyebut, kalau benar Airlangga mundur, kemungkinan alasannya karena ingin fokus di pemerintahan.

Terkait mundurnya Airlangga dari pucuk pimpinan parpol berlambang pohon beringin, muncul sejumlah nama yang kabarnya bakal menjadi pengganti.

Antara lain, Bahlil Lahadalia yang sekarang menjabat Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, dan Jokowi yang masih menjabat Presiden.

Sekadar informasi, Airlangga Hartarto dua periode menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar, dari 2014-2019.

Dalam Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019), Airlangga kembali terpilih untuk periode 2019-2024.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs