Kamis, 3 Oktober 2024

Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR, Ini Daftar Lengkap Pimpinan MPR RI Periode 2024-2029

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sembilan Pimpinan MPR RI periode 2024-2029 melakukan foto bersama dengan pimpinan sementara MPR RI dalam Rapat Paripurna di gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Sidang Paripurna MPR RI resmi menetapkan sembilan pimpinan MPR RI termasuk Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Ketua MPR RI periode 2024-2029.

Sidang paripurna MPR RI dipimpin oleh pimpinan sementara masing-masing Guntur Sasono anggota MPR tertua dari Fraksi Partai Demokrat dan Larasati Moriska anggota MPR termuda dari kelompok DPD RI.

Sidang paripurna agenda penetapan pimpinan MPR RI periode 2024-2029 dihadiri 545 anggota dari total 732, sehingga telah memenuhi syarat atau quorum.

Mengawali sidang, Guntur Sasono mengatakan menyampaikan kalau rapat gabungan pimpinan fraksi telah disepakati calon-calon pimpinan MPR RI periode 2024-2029.

Sementara, kelompok DPD RI yang tidak mengikuti rapat gabungan karena malam itu sedang menggelar rapat di DPD untuk menetapkan calon pimpinan MPR RI, Guntur memberi kesempatan DPD untuk menyampaikan usulan nama calon tersebut dalam sidang paripurna MPR RI.

“Kami sampaikan bahwa sesuai keputusan rapat gabungan antara pimpinan sementara pimpinan fraksi telah disampaikan nama-nama calon pimpinan MPR masa jabatan 2024 2029 dari masing-masing Fraksi, kecuali kelompok DPD sesuai keputusan rapat gabungan dalam sidang paripurna kali ini kelompok DPD akan menyampaikan usulan nama pimpinan MPR dari kelompok DPD kami persilahkan,” ujar Guntur dalam sidang paripurna MPR RI di gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Juru bicara DPD pun kemudian menyampaikan kalau nama calon pimpinan MPR RI dari kelompok DPD RI adalah Abcandra Muhammad Akbar Supratman.

“Keputusan pleno kelompok DPD tanggal 2 Oktober, bersama ini kami sampaikan bahwa calon pimpinan MPR dari unsur DPD adalah nama Abcandra Muhammad Akbar Supratman, dari provinsi Sulawesi Tengah,” kata jubir DPD RI.

Guntur kemudian juga menyampaikan kalau dalam rapat gabungan pimpinan fraksi dan kelompok DPD RI menyepakati Ahmad Muzani dari fraksi partai Gerindra ditetapkan sebagai Ketua MPR RI 2024-2029.

“Rapat gabungan kemarin juga telah menyepakati ketua MPR periode 2024 2029 adalah Haji Ahmad Muzani dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya,” kata Guntur.

Pimpinan sidang sementara itu selanjutnya menanyakan persetujuan kepada seluruh anggota MPR RI yang hadir, dan semuanya menyatakan setuju.

“Saya ulangi, apakah hasil rapat gabungan terkait dengan pimpinan MPR periode 2024- 2029 dan keputusan penetapan Haji Ahmad Muzani sebagai ketua MPR periode 2024- 2029 dapat disetujui ? tanya Guntur yang disambut kata setuju seluruh anggota MPR.

Berikut daftar lengkap susunan Pimpinan MPR RI periode 2024- 2029:

  1. Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Ketua
  2. Bambang Wuryanto dari Fraksi Partai PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua
  3. Kahar Muzakir dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) sebagai Wakil Ketua
  4. Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem sebagai Wakil Ketua
  5. Rusdi Kirana dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai Wakil Ketua
  6. Muhammad Hidayat Nur Wahid dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai Wakil Ketua
  7. Edi Dwiyanto Suparno dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai Wakil Ketua
  8. Edi Baskoro Yudhoyono dari Fraksi Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua
  9. Abcandra Muhammad Akbar Supratman dari kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sebagai Wakil Ketua.

Selanjutnya, sembilan pimpinan MPR RI tersebut diambil sumpahnya yang dipandu oleh Muhammad Syarifuddin Ketua Mahkamah Agung (MA).

Setelah resmi dilantik, Pimpinan sementara kemudian menyerahkan palu sidang kepada Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI terpilih.

Selanjutnya, sidang paripurna dipimpin Ahmad Muzani dan diakhiri dengan pidato Ketua MPR RI yang baru periode 2024-2029.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 3 Oktober 2024
29o
Kurs