Jumat, 20 September 2024

Agus Gumiwang Terpilih Jadi Plt Ketum Golkar

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian (Menperin) RI. Foto: Setkab

Agus Gumiwang Kartasasmita Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, terpilih sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum pascamundurnya Airlangga Hartarto dari pucuk pimpinan partai berlambang pohon beringin.

Terpilihnya Agus Gumiwang merupakan hasil dari rapat pleno yang berlangsung malam hari ini, Selasa (13/8/2024), di Kantor DPP Partai Golkar, kawasan Slipi, Jakarta Barat.

Rapat pleno itu dihadiri sejumlah Wakil Ketua Umum Partai Golkar, di antaranya, Agus Gumiwang, Bambang Soesatyo, Nurdin Halid, Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Melchias Markus Mekeng, Adies Kadir, dan Ridwan Kamil.

Kemudian, hadir juga beberapa orang Ketua DPP Golkar, antara lain Meutya Hafid, Puteri Anetta Komarudin, dan Dave Laksono.

Dalam keterangannya, Agus mengatakan penunjukan dirinya sebagai Plt Ketum Golkar hasil musyawarah mufakat.

Politikus yang sekarang.menjabat Menteri Perindustrian merasa terhormat mendapat kepercayaan untuk memimpin Partai Golkar sampai Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munasnub).

Berdasarkan keputusan rapat pleno, Munasnub Partai Golkar untuk memilih Ketua Umum Periode 2024-2029 akan digelar di Jakarta, Selasa (20/8/2024).

“Rapimnas Insyaallah akan kita selenggarakan pada tanggal 20 Agustus yang akan datang. 20 Agustus kita rencanakan pembukaan Rapimnas di pagi hari, kemudian malam harinya kita rencanakan agenda pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar yang juga disepakati dan diputuskan akan digelar di Jakarta,” ujarnya.

Seperti diketahui, Airlangga Hartarto, hari Sabtu (10/8/2024), mendadak mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Lewat rekaman video berdurasi sekitar tiga menit, Airlangga menyatakan mundur untuk menjaga keutuhan Partai Golkar, dan menjamin stabilitas transisi pemerintahan.

Walau tidak lagi duduk di kursi Golkar 1, Airlangga masih menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian di Kabinet Indonesia Maju.(rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs