Selasa, 22 Oktober 2024

38 KPU Kabupaten/Kota Kirab Maskot Pilkada di Surabaya Besok, Hindari Jalan Ini

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Maskot di Jali (Jatim Memilih) dikenalkan dalam Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang diselenggaran KPU Jatim di halaman Grand City Convex, Surabaya, Selasa (4/6/2024) malam. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menggelar kirab maskot Pilkada 2024 yang berlangsung di Kota Surabaya dengan peserta 38 KPU kabupaten/kota pada Rabu (23/10/2024) besok.

Nur Salam Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim mengatakan, kirab maskot Pilkada 2024 ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat tentang adanya pesta demokrasi.

“Iya ini bagian dari sosialisasi KPU terhadap pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, selain itu untuk menyambungkan pelaksanaan Pilkada tidak hanya pemilihan bupati tetapi pelaksanaan gubernur,” kata Nur Salam dihubungi suarasurabaya.net, Selasa (22/10/2024).

Kemudian Nur Salam menjelaskan, acara besok akan terbagi dalam dua sesi, yakni sore dan malam. Untuk sesi pertama pada siang hari akan ada pawai mobil maskot Pilkada oleh masing-masing KPU kabupaten/kota.

Pawai 38 mobil maskot itu akan start dari Tugu Pahlawan menuju Balai Kota Surabaya. Untuk rutenya dimulai dari Jalan Pahlawan, menuju ke Jalan Gemblongan, kemudian Jalan Tunjungan, hingga Jalan Gubernur Suryo.

Untuk itu KPU Jatim mengimbau masyarakat pada pukul 13.00-17.00 WIB supaya menghindari Jalan Pahlawan (sekitar Tugu Pahlawan), Jalan Gembongan, Jalan Genteng Kali, Jalan Tunjungan, Jalan Genteng Besar, Jalan Kenari, dan Jalan Gubernur Suryo.

“Mobil yang membawa maskot sejumlah 38 KPU kabupaten/kota pilkada itu dan satu maskot untuk Pilgub. Jadi totalnya ada 39 maskot,” katanya.

Kemudian di sesi pada sore hingga malam harinya, akan digelar KPU Karnival atau Kirab Defile di kawasan Kota Lama Surabaya. Karnival tersebut bakal menampilkan busana kreasi dan penampilan kesenian dari setiap daerah.

Rute Kirab Defile itu akan start di Jalan Elang hingga Jalan Pahlawan di depan Kantor Gubernuran. Para pengguna jalan pada pukul 17.00-22.00 WIB diimbau agar menghindari Jalan Rajawali (Taman Sejarah), Jalan Jembatan Merah, Jalan Cendrawasih, Jalan Veteran, dan Jalan Kebon Rejo.

“Untuk malam hari maghrib itu kita menggelar KPU Karnival jadi di ada busana kreasi diikuti KPU kabupaten/kota beserta sekretariat mengenakan kostum, ada masing-masing daerah dan menampilkan kesenian yang dibawa, misalkan Ponorogo bawa Reog. Termasuk menampilkan Ul Daul yang Madura,” katanya.

Nur Salam mengatakan, dalam kegiatan Kirab Maskot Pilkada 2024 di Surabaya besok akan diikuti oleh 50 orang perwakilan dari 38 KPU kabupaten/kota.

“Yang hadir itu masing-masing 50 orang. Terdiri dari KPU, komisioner, jajaran sekretariat. Sehingga ada 50 dikali 38 kabupaten/kota itu berkumpul bagian dari rangkaian kirab maskot dari rangkaian sebelumnya,” pungkasnya.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Selasa, 22 Oktober 2024
28o
Kurs