Sabtu, 21 September 2024

Setya Novanto Lantik Tujuh Anggota DPR Baru

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Setya Novanto Ketua DPR RI memimpin pelantikan pergantian antar waktu (PAW) terhadap 7 anggota DPR RI yang baru. Mayoritas dari mereka adalah pengganti anggota DPR yang mundur karena berpartisipasi dalam Pilkada langsung pada 9 Desember 2015 lalu. Pelantikan anggota PAW ini berlangsung di ruang paripurna di Gedung DPR RI Jakarta, pada Selasa (15/12/2015).

Pelantikan dihadiri lima pimpinan DPR RI yaitu Setya Novanto dan para wakilnya, Taufik Kurniawan, Fahri Hamzah, Agus Hermanto dan Fadli Zon. Setya Novanto membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh 7 orang anggota DPR yang baru dan saling bersalam-salaman.

Di antara 7 nama anggota DPR yang baru tersebut adalah pengganti Patrice Rio Capella yang mundur karena terjerat kasus dugaan suap Gatot Pujo Nugroho gubernur Sumatera Utara non aktif, pengganti Olly Dondokambey dan Saan Mustopa yang mundur karena Pilkada, dan lain-lain.

Berikut adalah nama-nama anggota DPR serta yang digantikan:

Hari Kartana dari Demokrat (Jabar VII) menggantikan Saan Mustopa, Farida Padmo dari Demokrat (Kaltim) menggantikan Noorbaeti Isra Noor, Anarulita Muchtar dari Nasdem (Bengkulu) menggantikan Patrice Rio Capella, Ari Yusnita dari Nasdem (Kaltim) menggantikan Ahmad Amin.

Djenri Alting Keintjem dari PDIP (Sulut) menggantikan Olly Dondokambey, Nurhayati dari PKB (Lampung II) menggantikan Chusnunia Chalim (calon bupati Lampung Timur), dan Abdul Latif dari PKB (Kalsel II) Zairullah Azhar.

Sementara itu Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan mengambil keputusan terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Setya Novanto pada Rabu (16/12/2015) dalam kasus rekaman Freeport yang diduga melibatkan Novanto, Maroef Sjamsoeddin Presdir PT Freeport Indonesia dan Muhammad Reza Chalid pengusaha migas.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
31o
Kurs