Kamis, 19 September 2024

Satu-satunya Medali Emas Indonesia di Paralimpiade Paris 2024 Disumbang Mahasiswi Unesa

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Leani Ratei Oktila mahasiswi Prodi S-3 Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Surabaya (Unesa) penyumbang satu-satunya medali emas untuk Indonesia di Paralimpiade Paris 2024 saat bersama Rektor Unesa. Foto: Unesa

Leani Ratei Oktila mahasiswi Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyumbangkan satu-satunya medali emas untuk Indonesia di Paralimpiade Paris 2024.

Perempuan kelahiran tahun 1991 itu, meraih emas pada cabang olahraga (cabor) badminton nomor ganda campuran. Ia berpasangan dengan Hikmat Ramdani.

Nurhasan Rektor Unesa yang menyaksikan secara langsung pertandingan mahasiswanya tersebut, mengaku terkesan dengan penampilan impresif dari Leani dan Hikmat.

“Leani Ratri Oktila ini kan kerja di Kemenpora, tetapi lanjut kuliah berdasarkan beasiswa yang diberikan Unesa atas prestasi-prestasinya selama ini untuk Indonesia,” kata Hasan dalam keterangannya, Rabu (11/9/2024).

Leani Ratri Oktila menyampaikan rasa terima kasih kepada Unesa yang selama ini terus memberikan support dalam berkompetisi, sehingga dirinya bisa mempersembahkan hasil terbaik untuk Indonesia.

“Terima kasih kepada Pak Rektor dan dekan serta seluruh civitas di lingkungan Unesa,” ucapnya.

Selain Leani, mahasiswa Unesa juga ada yang berlaga di Paralimpiade cabor Judo, yakni Tony Ricardo dari S-2 Pendidikan Olahraga.

Dwi Cahyo Kartiko Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) mengatakan, meskipun Tony belum bisa mempersembahkan medali, tapi ia juga mengapresiasi upaya mahasiswanya tersebut, karena telah berjuang hingga perebutan medali perunggu.

“Tony memang belum berhasil meraih medali, tetapi perjuangannya sampai di babak perebutan medali perunggu itu luar biasa. Apalagi inikan laga perdana dia di Paralimpiade,” ucapnya.

Apresiasi tersebut kata dia, berupa beasiswa dan kesempatan menjadi dosen di FIKK, yakni untuk mahasiswa Unesa yang berlaga di Paralimpiade, termasuk Tony.

Atas apresiasi tersebut, Tony juga menghaturkan rasa terima kasih kepada Unesa yang terus memberikan dukungan penuh kepada atlet.

“Sekali lagi, terima kasih atas dukungannya. Unesa satu langkah di depan,” tuturnya.

Seperti diketahui, kontingen Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-50 setelah meraih 14 medali dalam Paralimpiade Paris 2024 yang berlangsung pada 28 Agustus hingga 08 September 2024. Rinciannya, 1 emas, 8 perak, dan 5 perunggu.(ris/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
34o
Kurs