Rabu, 3 Juli 2024

Raih 70 Emas, Indonesia Memimpin Perolehan Medali ASEAN University Games 2024

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Judo salah satu cabang olahraga yang menyumbangkan emas untuk kontingen Indonesia dalam ASEAN University Games 2024. Foto: AUG 2024/Unesa

Indonesia memimpin perolehan medali di ASEAN University Games (AUG) 2024, unggul jauh dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Hingga Senin (1/7/2024) pukul 21.00 WIB, Indonesia berada di peringkat pertama dengan perolehan 70 emas, 56 perak, dan 37 perunggu.

Jumlah itu, terpaut jauh dengan peringkat kedua diduduki Thailand dengan raihan 24 emas, 20 perak dan 11 perunggu.

Di posisi ketiga ada Malaysia dengan raihan 14 emas, 17 perak dan 27 perunggu. Singapura di tempat keempat dengan 7 emas, 18 perak dan 20 perunggu.

Del Asri Ketua Kontingen Indonesia mengatakan, raihan yang ditorehkan oleh Indonesia saat ini, merupakan hasil kerja keras para atlet dan pelatih, dengan dukungan Belmawa Dikti, Puspresnas dan Kemenpora.

“Peluang kontingen Indonesia untuk meraih juara umum AUG 2024 semakin besar. Namun kita tidak boleh lengah,” katanya

Meski begitu, ia meminta kepada para atlet dari setiap cabor yang dipertandingkan, tidak jumawa. Karena, masih ada lebih pertandingan yang belum selesai dan masih ada medali yang akan terus perebutkan hingga 6 Juli 2024 mendatang.

“Kami berpesan kepada para atlet dan pelatih yang masih belum bertanding jangan lengah, jaga fokus dan motivasi merebut medali emas yang tersisa,” tuturnya.

Ia memastikan, pihaknya memberikan dukungan maksimal kepada para atlet dan pelatih untuk bisa meraih hasil maksimal. Yakni, dengan menyediakan tim pendukung sports science, yang terdiri dari dokter spesialis kesehatan olahraga, psikolog olahraga, fisioterapi, paramedik dan masseur.

Seperti diketahui, AUG 2024 merupakan pentas olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet mahasiswa dari perguruan tinggi negara-negara anggota ASEAN. Gelaran pekan olahraga tingkat tersebut, berlangsung pada 25 Juni – 6 Juli 2024.(ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 3 Juli 2024
28o
Kurs