Selasa, 17 September 2024

Persebaya Future Lab Gandeng Australia untuk Kembangkan Bibit Muda

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Azrul Ananda Presiden Persebaya bersama Jamie Harnwell CEO Football West Australia di Lapangan ABC, kompleks Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Senin (9/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Persebaya Surabaya terus bergerak meningkatkan kualitas pemain muda yang berada di Elite Youth Academy. Salah satu langkah yang dilakukan yakni menjalin kerja sama dengan Football West Australia.

Azrul Ananda CEO Persebaya mengatakan, dari kerja sama itu nantinya, pemain-pemain muda binaan Persebaya bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman dari West Football Australia, termasuk belajar secara langsung ke negeri kanguru itu.

“Australia memiliki fasilitas olahraga yang terbaik, dan Australia juga terbaik dalam hal sport science. Jadi, jika ingin belajar bisa ke Australia,” katanya ketika ditemui di Lapangan ABC, kompleks Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Senin (9/9/2024).

Azrul mengatakan, Persebaya sebelumnya sudah pernah menjalin kerja sama dengan Australia untuk mengembangkan sepak bola pada tahun 2019. Hanya saja, kolaborasi ini terputus akibat pandemi Covid-19.

Kesempatan kerja sama antara Persebaya dengan West Football Australia itu kembali terbangun tahun ini setelah pandemi telah selesai.

Azrul mengatakan bahwa kerja sama tersebut bukan hanya untuk tahun ini saja, melainkan akan dilakukan secara berkelanjutan di tahun-tahun selanjutnya.

“Seperti program yang kita lakukan di DBL, bekerja sama dengan Australia bahkan sejak 2008 sampai sekarang. Kami berharap, ini bisa dilakukan secara berkelanjutan, dan bukan hanya baik untuk Persebaya, Surabaya, tetapi juga baik untuk Indonesia,” uca Azrul.

Tim dari Persebaya, Football West Australia dan Disbudporapar Kota Surabaya saat berada di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Senin (9/9/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Meski memiliki fokus pada pemain usia muda, tapi ia mengatakan bahwa bisa juga ke depan Persebaya senior turut memanfaatkan kesempatan kerja sama, salah satunya dengan melakukan uji coba pertandingan.

“Bukan hanya untuk junior, tapi juga bagaimana menyelenggarakan pertandingan antara tim senior juga. Bagaimana Persebaya mengirim tim senior ke Australia Barat dalam konteks ini, ke Perth. Dan bahkan mungkin nanti siapa tahu tim dari Australia Barat bisa ke sini juga,” bebernya.

Sementara itu, Jamie Harnwell CEO Football West Australia mengaku sangat bersemangat dengan kerja sama antara Football West Australia dengan Persebaya. Menurutnya, program tersebut akan sangat bermanfaat untuk perkembangan sepak bola.

Apalagi, kata dia, sepak bola Indonesia saat ini juga sedang dalam tren bagus, sehingga akan menjadi dorongan lagi untuk semakin maju.

“Saya sangat terkesan dengan permulaan program ini setelah beberapa waktu yang sulit karena pandemi. Fasilitasnya luar biasa, pemandangannya indah dan pemainnya semakin baik. Kita juga melihat di peringkat nasional bahwa Indonesia terus berkembang,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Stave Scott Konsulat Jenderal Australia di Surabaya menyambut baik hubungan antara Football West Australia dengan Persebaya. Ia mengatakan bahwa Persebaya merupakan tim sepak bola yang besar dan memiliki basis suporter yang luar biasa.

“Dan Australia merupakan negara dengan olahraga yang bagus. Anda sudah melihat itu, sepak bola berkembang dengan cepat,” katanya.

“Jadi, saya pikir memiliki interes komunitas di sepak bola dan mempengaruhi hubungan melalui Persebaya dengan Football West Australia, semoga berjaya, saya pikir itu menarik,” pungkasnya. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
33o
Kurs