Sabtu, 7 September 2024

Penembak Jitu, Penyelam hingga AI Amankan Opening Ceremony Olimpiade 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Cincin Olimpiade, yang mewakili lima benua dan sifat olahraga universal, akan dipasang dalam beberapa minggu ke depan di sisi Menara Eiffel di Paris. Foto: AFP Ilustrasi - Cincin Olimpiade, yang mewakili lima benua dan sifat olahraga universal, akan dipasang dalam beberapa minggu ke depan di sisi Menara Eiffel di Paris. Foto: AFP

Pasukan keamanan Prancis akan berada di atas air, di atap rumah dan mengoperasikan kamera yang dilengkapi AI (kecerdasan buatan) untuk mengamankan opening ceremony Olimpiade 2024 di Paris, Jumat (25/7/2024) besok.

Langkah ini dilakukan untuk melindungi parade sungai di sepanjang Sungai Seine. Sebab ini pertama kali upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas digelar di luar stadion.

Dilansir dari Antara pada Kamis (25/7/2024), sekira 45.000 polisi dan petugas paramiliter akan bertugas, bersama dengan 10.000 tentara dan 20.000 penjaga keamanan swasta.

Total area yang memerlukan tindakan pengamanan adalah lebih dari enam kilometer di sepanjang Sungai Seine dan akan menampung sekitar 300.000 penonton yang memiliki tiket, serta ratusan ribu penduduk dan wisatawan lainnya di gedung-gedung yang menghadap ke sungai.

Zona larangan terbang selebar 150 kilometer di sekitar Paris akan diberlakukan satu jam sebelum upacara dimulai pada pukul 19:30 waktu setempat atau Sabtu (27/7/2024) pukul 00.30 WIB, menghentikan atau mengalihkan semua penerbangan di salah satu bandara tersibuk di Eropa tersebut

“Upacara pembukaan ini adalah hal paling luar biasa yang dapat dilakukan suatu negara,” kata Gerald Darmanin Menteri Dalam Negeri Prancis.

“Seperti yang Anda ketahui, dalam konteks geopolitik dan terorisme saat ini, ini merupakan tantangan yang sangat besar,” imbuhnya.

Para penembak jitu polisi diatur ditempatkan di setiap titik tinggi di sepanjang rute, memindai calon penembak. Upaya pembunuhan terhadap Donald Trump pada 14 lalu Juli menjadi contoh kasus untuk lebih fokus dalam keamanan.

Kapal Angkatan Laut dengan penyelam dan sonar telah memindai kedalaman air untuk mencari bahan peledak atau upaya penyusupan.

Sementara 85 kapal yang ikut dalam parade dan kapal lainnya yang ditambatkan di sepanjang rute telah diperiksa oleh anjing pelacak dan ahli penjinak bom.

Lalu lintas sungai akan dihentikan di kedua arah, dengan memasang pembatas dan jaring yang dapat dijatuhkan ke dasar saluran air jika diperlukan. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 7 September 2024
29o
Kurs