Minggu, 7 Juli 2024

Pelari Kenya, Peraih Emas SEA Games hingga Polisi Panaskan Persaingan di Green Force Run 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
David Kibet pelari asal Kenya melakukan pengecekan nomor BIB. Ia siap bersaing pada kategori half marathon (21 K) pada Green Force Run 2024 yang berlangsung Minggu (23/6/2024) pagi. Foto: Green Force Run

Green Force Run (GFR) 2024 yang berlangsung Minggu (23/6/2024) pagi, diikuti 3.500  peserta dari dalam maupun luar negeri.

Ada nama David Kibet peserta asal Kenya. Ia terbiasa berlaga di kejuaraan dunia seperti Borobudur Marathon, Amazing Thailand Marathon Bangkok, Melaka River Half Marathon, dan masih banyak lagi.

“Saya ikut Green Force Run 2024 karena memang sudah terbiasa visit Surabaya. Beberapa kali juga pernah kompetisi di sini. Sekitar 2019. Suka rutenya, suka kotanya, dan suka (keramahan) warganya,” terang peserta yang terdaftar di kategori half marathon (21k) itu.

Selain David Kibet, ada pula nama Dennis Isika di GFR 2024. Pria 44 tahun asal Kenya itu juga terdaftar sebagai peserta kategori half marathon.

Sebelumnya, Dennis aktif mondar-mandir di ajang internasional. Ia pernah mengikuti Jakarta Marathon 2016, bahkan finis di urutan keempat.

Dari dalam negeri, ada nama Serafi Anelis Unani peraih emas SEA Games 2011 untuk nomor 100 meter putri. Dia mengikuti kategori 5K pada Green Force Run 2024.

Telah terbiasa bersaing di kompetisi lari, tak membuat Serafi mengikuti Green Force Run 2024 tanpa persiapan. Serafi rajin berlatih untuk menghadapi lomba “Latihan setiap sore jogging-jogging, terakhir ikut kompetisi 31K juga, seru sih bisa berlari ramai-ramai,” kata Serafi.

Kombes Pol Mustofa Kapolresta Magelang (kiri) menjadi salah satu peserta Green Force Run 2024. Foto: Istimewa

Sementara itu, di antara ribuan peserta Green Force Run 2024, ada nama sejumlah pejabat kepolisian. Mereka selain untuk olahraga juga sekaligus reunian, mengenang masa-masa ketika menjabat posisi strategis di Surabaya.

Ada nama Kombespol Mustofa dan Kombespol Setyo KH. Mereka berdua cukup lama berdinas di Surabaya.

Mustofa misalnya. Ia pernah menjabat sebagai Kapolsek Tegalsari. Ia juga pernah menjadi Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak. Selain itu ia juga pernah menjadi Wadir Polair Polda Jatim. Saat ini Mustofa menjabat sebagai Kapolresta Magelang.

“Kebetulan ada acara keluarga. Sekalian olahraga, sekalian ikut (Green Force Run 2024). Itung-itung reuni pas patroli wilayah dulu. Rute Green Force Run 2024 itu banyak masuk wilayah Polsek Tegalsari, wilayah saya itu dulu,” kelakar Mustofa.

Mustofa memang sudah lama hobi lari, bersepda, dan futsal. Unggahan media sosialnya menggambarkan betapa ia serius menekuni olahraga itu, terutama lari.

Pun dengan Kombespol Setyo KH. Surabaya merupakan kota yang cukup berkesan untuknya. Di Surabaya ia pernah menjadi Kasatreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 7 Juli 2024
28o
Kurs