Minggu, 6 Oktober 2024

Pecco Bagnaia Menangi MotoGP Jepang, Kalahkan Jorge Martin dan Marc Marquez

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pecco Bagnaia pembalap Ducati Lenovo mengungguli Jorge Martin asal Prima Pramac Racing dalam MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, pada 6 Oktober 2024. Foto: AFP

Pecco Bagnaia (Ducati Lenovo) menutup akhir pekan ini dengan sempurna. Bagnaia memenangi MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi pada Minggu (6/10/2024) siang WIB.

Ini menjadi kemenangan keduanya pada akhir pekan ini, setelah sebelumnya juga meraih kemenangan dalam balapan sprint sehari sebelumnya, Sabtu (5/10/2024).

Dilansir dari Antara, Tambahan 25 poin dari kemenangan ini membuat Bagnaia makin mendekati Jorge Martin (Prima Pramac Racing) pemimpin klasemen sementara, dengan selisih hanya 10 poin.

Lebih dari itu, kemenangan ini juga mencatatkan rekor penting sebagai kemenangan ke-900 untuk para pembalap Italia di semua kelas balap motor.

Tak hanya itu, ini juga menjadi kemenangan kedelapan Bagnaia di musim ini, menjadikannya bergabung dalam jajaran elit pembalap MotoGP seperti Marc Marquez, Valentino Rossi, Casey Stoner, dan Jorge Lorenzo yang berhasil memenangkan setidaknya delapan balapan dalam satu musim.

Marc Marquez adalah pembalap terakhir yang mencetak lebih dari delapan kemenangan dalam satu musim, dengan 12 kemenangan pada tahun 2019.

Dalam balapan utama GP Jepang kali ini, Bagnaia mengungguli Martin dengan selisih waktu 1,189 detik, sementara Marc Marquez melengkapi podium di posisi ketiga dengan selisih 3,822 detik dari sang pemenang.

Sejak awal balapan, tensi sudah terasa tinggi. Pedro Acosta, yang memulai dari pole position, terpaksa keluar dari persaingan setelah terjatuh di lap ke-4, memberikan peluang bagi Bagnaia untuk mengamankan posisinya di depan.

Sementara itu, Martin dan Marquez yang memulai dari posisi ke-11 dan ke-9, berhasil naik ke barisan terdepan dan bersaing ketat dengan Bagnaia.

Pada empat lap terakhir, Martin semakin mendekat, namun strategi Bagnaia yang cerdik di momen-momen krusial membuatnya tak terkejar hingga garis finis. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
30o
Kurs