Selasa, 10 September 2024

Pecah Telur! Veddriq Sumbang Emas Olimpiade Paris Pertama untuk Indonesia dari Panjat Tebing

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Veddriq Leonardo atlet panjat tebing putra Indonesia Veddriq Leonardo memamerkan medali emas usai menjuarai nomor speed putra Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024). Foto: NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia

Veddriq Leonardo atlet panjat tebing sukses menjadi yang pertama menyumbangkan medali emas untuk Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024.

Pria asal Pontianak itu mengalahkan Wu Peng wakil China, dalam final yang diselenggarakan di Le Bourget Climbing Venue, Kamis (8/8/2024) malam WIB.

Melansir Antara, Veddriq membukukan waktu 4,75 detik atau 0,02 detik lebih cepat dari lawannya yang mencatat waktu 4,77 detik.

Sebelumnya, Veddriq mengatasi Bassa Mawem pemain tuan rumah Prancis dalam perempat final.

Dia menyisihan Mawem yang tak pernah mencatat waktu di dibawa lima detik, dengan membukukan waktu 4,88 detik, sehingga lolos ke babak semifinal.

Dalam babak itu, Veddriq semakin trengginas dengan menuntaskan babak tersebut dengan catatan waktu 4,78 detik untuk mengalahkan lawannya Reza Alipour Shenazandifard dari Iran yang membukukan waktu 4,84 detik.

Hasil itu otomatis membuatnya masuk partai puncak untuk mengalahkan Wu Peng.

Dalam Olimpiade tahun ini Veddriq tampil fantastis. Dia bahkan sempat menyamai rekor dunia yang dibuat Samuel Watson atlet asal Amerika Serikat (AS), pada April 2024, dengan meraih waktu 4,79 detik dalam kualifikasi babak penyisihan unggulan pada, Selasa (6/8/2024).

Meski tidak lama setelah itu, Watson kembali memecahkan rekor dunia dengan waktu 4,75 detik.

Tidak mau kalah, Veddriq untuk kedua kali hampir menyamai rekor dunia atlet asal AS dalam final Olimpiade Paris 2024, sekaligus menggondol emas pertama untuk Indonesia. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 10 September 2024
32o
Kurs