Selasa, 17 September 2024

Kominfo Pastikan Kelancaran Jaringan Telekomunikasi untuk PON 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Nezar Patria Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo). Foto: Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan jaringan telekomunikasi berjalan dengan lancar, terutama di area Stadion Harapan Bangsa, Aceh, yang menjadi lokasi utama opening ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Nezar Patria Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika menyatakan, keandalan jaringan telah diperkuat melalui kerja sama dengan sejumlah operator seluler.

Dilansir dari Antara pada Minggu (8/9/2024), dukungan ini juga mencakup kelancaran siaran langsung pembukaan PON XXI yang akan menghubungkan arena di Aceh dan Medan.

“Tim Kominfo melalui Ditjen PPI sudah mengecek frekuensi di 800 megahertz (MHz) hingga 2,4 gigahertz (GHz), dan semuanya dapat berjalan aman tanpa gangguan dari penggunaan yang tidak tepat. Ini untuk pembukaan,” ujar Nezar.

Nezar juga menambahkan, seminggu sebelum PON XXI, Kemenkominfo telah memastikan kelancaran jaringan 5G dan 4G tidak hanya di venue utama, tetapi juga di lokasi pertandingan berbagai cabang olahraga dan di media center.

Untuk keamanan informasi dan siber, Kemenkominfo bekerja sama dengan lembaga-lembaga seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Bareskrim Polri.

“Acara sebesar ini tentu saja melibatkan banyak pihak, dan kami bekerja sama secara intens untuk mendukung event yang diselenggarakan oleh KONI ini,” kata Nezar.

PON XXI akan berlangsung resmi pada 9-20 September 2024. Namun, beberapa pertandingan telah dimulai sejak Agustus, mengingat durasi beberapa cabang olahraga yang panjang dan penggunaan venue yang bergantian.

Tahun ini, PON mempertandingkan 65 cabang olahraga dengan hampir 13.000 atlet yang berpartisipasi. Pada Senin (9/9), PON XXI akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nezar menekankan bahwa PON kali ini spesial karena diselenggarakan di dua provinsi sekaligus. Kesuksesan acara ini menjadi bukti kerja sama yang baik antara pemangku kepentingan. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
23o
Kurs