Minggu, 6 Oktober 2024

Kemenhub Siapkan 91 Bus Ramah Kursi Roda untuk Sukseskan Peparnas 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Seorang atlet menggunakan kursi roda sedang didorong memasuki kendaraan menuju lokasi pertandingan. Foto: Humas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah menyerahkan 91 unit bus ramah kursi roda sebagai dukungan untuk menyukseskan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 yang akan berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Serah terima bus beserta pengemudinya dilakukan oleh Irjen Pol Risyapudin Nursin Direktur Jenderal Perhubungan Darat kepada Dhoni Widyanto Pjs Wali Kota Surakarta.

“Kami berharap bus-bus ramah kursi roda ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sehingga mobilisasi peserta berlangsung cepat, lancar, dan aman,” ujar Risyapudin dilansirdari Antara pada Minggu (6/10/2024).

Ia juga menyampaikan bahwa bus-bus ini telah menjalani pemeriksaan kelayakan (rampcheck) pada 29-30 September 2024, sehingga dipastikan layak jalan untuk memastikan atlet, ofisial, dan peserta Peparnas dapat beraktivitas dengan nyaman dan aman.

Dukungan transportasi ini diberikan menyusul permohonan dari National Paralympic Committee Indonesia melalui Surat Nomor 379.PMHN.07/NPC-Ina/2024 terkait kebutuhan transportasi Peparnas XVII. Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, mengelola transportasi ini mulai dari kedatangan peserta hingga berakhirnya acara.

Dhoni Widyanto Pjs Wali Kota Surakarta dalam sambutannya menekankan pentingnya transportasi bagi kelancaran dan kesuksesan Peparnas. “Transportasi adalah elemen vital dalam setiap event besar seperti ini,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi dukungan armada lengkap dengan pengemudi dari Kementerian Perhubungan yang dianggapnya sebagai solusi penting untuk memastikan kesuksesan acara.

Peparnas XVII akan mempertandingkan 20 cabang olahraga, termasuk angkat berat, basket kursi roda, voli duduk, dan e-sport, yang akan digelar pada 6-13 Oktober 2024. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
30o
Kurs