Selasa, 17 September 2024

Kalahkan Myanmar 1-0, Australia Susul Indonesia ke Babak Semifinal Piala AFF U-19

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pertandingan antara Australia melawan Myanmar dalam Piala AFF U-19 yang diselenggarakan di Stadion Gelora 10 Nopember Surabaya, Rabu (24/7/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Timnas Australia U-19 lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 1-0, di Stadion Gelora 10 Nopember Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/7/2024).

Tim asuhan Trevor Morgan itu, keluar menekan sejak pertandingan dimulai. Dylan Paul Leonard dan kolega melancarkan serangan ke gawang Myanmar yang dijaga Saw Kyaw Khant No.

Merespon skema serangan Australia, Myanmar juga memberikan tekanan balik. Anak asuh Aung Naing itu enggan hanya mengandalkan permainan bertahan, Swan Htet dan kawan-kawan juga memanfaatkan kesempatan untuk menggempur barisan belakang Australia.

Kedua tim saling melancarkan jual beli serangan, tetapi Australia terlebih dahulu berhasil membuka keunggulan, tepatnya pada menit ke-35 melalui Medin Memeti. Finishing penyerang 17 tahun itu gagal diantisipasi kiper Myanmar dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk Australia.

Keunggulan satu gol untuk Australia bertahan hingga pertandingan babak pertama selesai.

Di babak kedua, Australia lebih mendominasi permainan. Beberapa kali tim berjuluk Socceroos berhasil menembus area pertahanan Myanmar. Hanya saja, finishing pemain Australia masih bisa belum menemui sasaran.

Usaha membongkar pertahanan Myanmar itu tidak bisa dilakukan hingga pertandingan akan berakhir.

Begitu juga dengan Myanmar, upayanya untuk memanfaatkan momen menyerang bisa dimentahkan seluruhnya oleh Australia.

Songkran Bummekriat wasit asal Thailand yang memimpin jalannya pertandingan memberi tambahan waktu enam menit di akhir babak kedua.

Namun, hingga waktu tambahan berakhir, tidak ada gol lagi yang tercipta. Skor masih unggul 1-0 untuk Australia atas Myanmar.

Dengan hasil itu, Australia memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19. Australia menyusul Timnas Indonesia yang sebelumnya telah memastikan tiket semifinal.

Tapi, Australia tidak bertemu Indonesia di babak lanjutkan, Australia akan bertemu dengan terbaik kedua grup C antara Malaysia dan Thailand.

Gelaran babak semifinal Piala AFF U-19 sendiri, akan diselenggarakan pada Sabtu (27/7/2024) mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.(ris/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs