Selasa, 2 Juli 2024

Indonesia Juara Umum Panjat Tebing ASEAN University Games 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tim panjat tebing Indonesia menjadi juara umum di ASEAN University Games (AUG) 2024 dengan koleksi enam emas, tujuh perak, dan satu perunggu. Foto: Istimewa

Tim panjat tebing Indonesia menjadi juara umum di ASEAN University Games (AUG) 2024. Skuad Merah Putih mengoleksi enam emas, tujuh perak, dan satu perunggu.

Enam emas didapat melalui speed perorangan putra-putri, lead putra-putri, dan speed relay putra-putri. Adapun emas kategori boulder putra-putri direbut Singapura.

Hendri Winoto Hasan manajer panjat tebing menilai pencapaian di AUG 2024 ini cukup bagus. Terlebih persiapan yang dimiliki cabor panjat tebing tidak banyak waktu.

Di satu sisi atlet panjat tebing banyak yang mengikuti kegiatan di daerah masing-masing.

“Kami bersyukur karena hasil ini sesuai ekspektasi dan tak terganggu dengan kegiatan lain. Masalahnya kami juga mempersiapkan diri menjelang Olimpiade Paris,” kata Hendri kepada awak media, Minggu (30/6/2024).

Namun demikian, persiapan dan program latihan yang dijalani atlet pelatnas berjalan baik. Beberapa di antaranya berlatih di daerah asal, ada pula yang berlatih di kampus. Sejauh ini pihaknya memang tidak menerapkan pemusatan latihan.

“Saya kira memang tidak harus melakukan pemusatan, karena program latihan sudah diserahkan untuk diaplikasikan atlet. Bisa di daerah bisa juga di kampus,” ungkapnya.

Khusus soal boulder, Hendri menilai Singapura memiliki persiapan yang cukup bagus. Bahkan mereka sudah melakukan latihan terpusat selama tiga bulan. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 2 Juli 2024
29o
Kurs