Minggu, 30 Juni 2024

Hari Kedua, Indonesia Puncaki Klasemen Sementara Perolehan Medali AUG 2024 dengan 55 Medali

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tim renang Indonesia meraih medali emas dalam ASEAN University Games 2024. Foto: AUG 2024/Unesa

Indonesia memuncaki klasemen sementara perolehan medali ASEAN University Games (AUG) 2024 dengan raihan 26 emas, 20 perak dan 9 perunggu, pada Kamis (27/6/2024) pukul 21.00 WIB.

Perolehan itu, dibuntuti Malaysia dengan raihan 8 emas, 4 perak dan 9 perunggu. Kemudian disusul oleh Thailand dengan raihan 3 emas, 7 perak dan 4 perunggu. Dan diikuti oleh Vietnam dengan 2 emas, 0 perak dan 2 perunggu.

Del Asri Ketua Kontingen Indonesia dalam AUG 2024 mengatan, raihan medali sementara Indonesia itu, melebihi ekspetasi dirinya, karena sangat jauh unggul dari anggota negara-negara lainnya di ASEAN.

“Tapi tentu kita tentu tidak boleh lengah karena baru hari kedua, masih banyak nomor yang akan dipertandingkan,” katanya.

Panjat tebing salah satu cabor peraih medali emas di ASEAN University Games (AUG) 2024. Foto: AUG2024/Unesa

Ia berharap, catatan positif itu bisa menjadi motivasi bagi atlet-atlet lain yang bertanding di hari berikutnya untuk menorehkan prestasi terbaik.

“Masih banyak nomor yang dipertandingkan, jangan sampai lengah,” tuturnya.

Salah satu kunci keberhasilan itu, kata dia, yakni adanya persiapan yang matang. Para atlet telah berlatih jauh sebelum pertandingan AUG 2024 dimulai.

Begitu juga proses pemilihan atlet, skuad Indonesia memiliki beberapa kriteria. Pertama, mengutamakan atlet nasional yang berstatus mahasiswa. Kedua, mengutamakan atlet mahasiswa yang pernah mendapatkan medali di World University Games dan AUG 2022. Ketiga, atlet yang juara Pomnas.

“Jadi kriteria itu yang kita pakai dalam menentukan atlet ini. Kita membawa Atlet-atlet mahasiswa terbaik kita,” tuturnya.

Seperti diketahui, AUG merupakan pentas olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet mahasiswa dari perguruan tinggi negara-negara anggota ASEAN. Gelaran pekan olahraga itu, berlangsung pada 25 Juni – 6 Juli 2024. (ris/iss/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 30 Juni 2024
30o
Kurs