Selasa, 17 September 2024

Gol Jens Raven Bawa Timnas U-19 Unggul 1-0 Atas Thailand di Final Piala AFF U-19 2024

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Jens Raven mendapatkan pengawalan ketat dari pemain Thailand dalam final Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin (29/7/2024). Foto: Risky Pratama suarasurabaya.net

Timnas U-19 Indonesia mengakhiri pertandingan babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Thailand dalam final Piala AFF-19 2024.

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Senin (29/7/2024), Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan langsung keluar menyerang sejak menit awal.

Thailand juga memberikan perlawanan maksimal ke area pertahanan Indonesia. Jual beli serangan terjadi dengan tempo permainan yang cepat.

Pada menit ke-15, Thailand membahayakan Indonesia melalui tendangan Thanawut Phochai. Hanya saja sepakannya masih membentur tiang gawang.

Selang tiga menit kemudian, tepatnya pada menit ke-18, giliran Indonesia memporak-porandakan benteng pertahanan Thailand.

Kali ini Jens Raven berhasil menjebol gawang Thailand yang dijaga oleh Kittipong Bunmak. Raven meneruskan bola sundulan Kadek Arel Priyatna hasil dari umpan sepak pojok Muhammad Kafiatur Rizky.

Gol striker jangkung itu, mengubah papan skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Garuda Nusantara.

Unggul satu gol membuat Indonesia lebih leluasa menjalankan skema serangan. Tetapi, bek dan kiper Thailand kali ini bermain lebih sigap. Tekanan yang dijalankan oleh skuad Garuda mentah.

Beranjak ke menit 36, Thailand mendapat kesempatan emas melalui tendangan bebas yang berada di dekat kotak penalti.

Piyawat Petra yang menjadi eksekutor, langsung mengarahkan bola ke gawang. Tendangan kerasnya itu, membentur tiang gawang.

Gagal menyamakan kedudukan, Thailand terus menekan barisan belakang Indonesia. Barulang kali anak asuh Emerson Pereira Da Silva itu melepaskan tendangan ke gawang Indonesia, tetapi Ikram Alghifari mampu menahan setiap tendangan dari Thailand.

Berada di penghujung babak pertama, pada menit 45, Indonesia mendapat peluang melalui tendangan bebas yang dekat dengan gawang Thailand. Toni Firmansyah yang bertugas menjadi eksekutor, tendangannya menembus pagar betis Thailand, tetapi Kittipong kiper berhasil menangkap bola tersebut.

Faisal Sulaiman Albalawi wasit asal Arab yang memimpin jalannya pertandingan, memberi waktu tambahan 3 menit.

Hingga waktu babak pertama habis, tidak ada lagi gol tercipta. Keunggulan sementara untuk Indonesia 1-0 atas Thailand. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs