Minggu, 8 September 2024

Euro 2024: Spanyol ke Final setelah Membungkam Prancis 2-1

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Para pemain Spanyol berpose untuk merayakan keberhasilan mereka mencapai final Euro 2024 setelah mengalahkan Prancis dalam semifinal di Allianz Arena. Foto: AFP

Spanyol menjadi tim pertama yang lolos ke final Euro 2024. La Furia Roja memastikan tempat di partai puncak sesudah mengalahkan Prancis dengan skor 2-1, di Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Prancis unggul lebih dulu berkat gol Kolo Muani. Spanyol mampu membalas dengan dua gol lewat aksi Lamine Yamal dan Dani Olmo.

Hasil itu membuat Spanyol melaju ke final Euro untuk kelima kali setelah Euro 1964, 1984, 2008, dan 2012, yang tiga di antaranya mereka menangkan, dikutip dari Antara.

Sekarang, Spanyol menunggu pemenang laga semifinal lainnya antara Inggris dengan Belanda yang digelar di Signal Iduna-Park pada Kamis (11/10/2024) dini hari pukul 02.00 WIB.

Jalannya Pertandingan
Prancis unggul cepat lewat gol Kolo Muani pada menit kesembilan. Proses gol terjadi berkat umpan silang matang Kylian Mbappe, yang disundul Kolo Muani dengan bebas ke pojok kiri gawang Unai Simon.

Spanyol menyamakan kedudukan pada menit ke-21 ketika Lamine Yamal mencetak gol spektakuler melalui tendangan melengkung dari luar kotak penalti ke pojok kanan atas gawang, yang gagal diblok Maignan.

Yamal menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam Euro dan Piala Dunia dalam usia 16 tahun dan 362 hari. Dia memecahkan rekor Pele.

Pada menit ke-25, Dani Olmo membuat Spanyol membalikkan keadaan. Setelah mendapatkan bola di kotak penalti, Olmo mengecoh dua pemain sebelum melepaskan tendangan mendatar. Skor 2-1 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga jeda.

Tidak banyak perubahan permainan selepas turun minum. Kedua tim tetap bermain menyerang dengan Prancis berusaha keras menyamakan kedudukan.

Menjelang akhir pertandingan, Yamal mendapat peluang lewat tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-81. Namun, bola tembakannya sedikit melenceng dari target.

Prancis gagal mencetak gol penyeimbang sampai pertandingan berakhir. Sehingga, Spanyol yang mendapatkan tiket final Euro 2024.(ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs