Jumat, 5 Juli 2024

Euro 2024: Jerman, Spanyol dan Portugal Amankan Tiket 16 Besar

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Portugal lolos ke babak 16 besar Euro 2024 setelah mengalahkan Turki dengan skor 3-0 pada Minggu (23/6/2024) dini hari WIB. Foto: AFP

Jerman, Spanyol dan Portugal menjadi negara yang berhasil memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sesudah pertandingan kedua fase grup.

Jerman yang berstatus sebagai tuan rumah, menjadi negara pertama yang memastikan tiket babak 16 besar usai meraih dua kemenangan lawan Skotlandia dan Hungaria.

Dilansir dari Antara, Minggu (23/6/2024), Jerman mempunyai enam poin dengan margin enam gol secara matematis tidak akan tergeser dari posisi kedua grup meski masih menyisakan satu pertandingan.

Jamal Musiala dan kawan-kawan kini menjadi pemuncak klasemen sementara Grup A dengan enam poin. Di peringkat kedua ada Swiss yang mengemas tiga poin, dan posisi ketiga ditempati Skotlandia dengan koleksi satu poin. Sedangkan Hungaria berada di dasar klasemen tanpa poin karena dua kali kalah.

Menyusul langkah Jerman, Spanyol yang digdaya di Grup B memastikan satu tiket ke babak 16 besar usai mengemas enam poin dari dua pertandingan yang sudah dilakoni.

Mereka kini memimpin klasemen sementara Grup B, unggul atas Italia yang berada di peringkat kedua dengan torehan tiga poin lalu Albania dan Kroasia yang kini sama-sama mengemas satu poin.

Lalu, Portugal menjadi negara ketiga yang mengunci tiket babak 16 besar Piala Eropa berkat hasil dua kemenangan yang diraih dalam dua pertandingan terakhir.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kini menjadi pemuncak klasemen Grup F dengan mengoleksi enam poin, diikuti Turki di peringkat kedua dengan raihan tiga poin.

Sementara itu, Republik Ceko dan Georgia secara berurutan berada di peringkat ketiga dan keempat dengan masing-masing sama-sama mengemas satu poin.

Dalam sistem babak grup Piala Eropa, dua tim teratas di masing-masing Grup A hingga F pada klasemen akhir dipastikan secara otomatis untuk melenggang ke babak 16 besar. Lalu untuk empat slot tersisa akan diperuntukkan peringkat ketiga terbaik pada enam grup tersebut.(ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 5 Juli 2024
26o
Kurs