Senin, 8 Juli 2024

Euro 2024: Jerman Kalahkan Hungaria dan Lolos Babak 16 Besar

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Selebrasi Ilkay Gundogan (tengah) setelah mencetak gol kedua Jerman ke gawang Hungaria di Mercedes-Benz Arena, Berlin pada Kamis (20/6/2024) dini hari. Foto: UEFA

Jerman menjadi tim pertama yang melaju ke 16 besar Euro 2024. Tiket itu diraih setelah Jerman menang 2-0 atas Hungaria di Mercedes-Benz Arena, Berlin pada Kamis (20/6/2024) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan tim tuan rumah dicetak oleh Jamal Musiala di paruh pertama dan Ilkay Gundogan di babak kedua.

Dilansir dari Antara, hasil ini membuat tim asuhan Julian Nagelsmann lolos babak 16 besar setelah mengumpulkan enam poin. Tetapi mereka harus memainkan laga terakhir lawan Swiss demi memastikan finis sebagai juara grup.

Sedangkan Hungaria harus memenangkan pertandingan terakhir lawan Skotlandia bila ingin lolos fase berikutnya sebagai peringatan tiga terbaik.

Jalannya pertandingan
Ancaman pertama diciptakan oleh Hungaria saat laga belum sampai satu menit. Rolland Sallai memenangi perebutan bola dengan Joshua Kimmich untuk masuk ke kotak penalti Jerman, tetapi sepakannya masih bisa diblok Manuel Neuer kiper.

Giliran Jerman yang menebar ancaman pada menit ke-5 lewat Kai Havertz. Namun, tembakan jarak jauhnya sukses diamankan kiper Hungaria, Peter Gulacsi.

Jerman baru bisa membuka skor pada menit ke-22. Gol bermula dari serangan Jerman yang berujung pada umpan Musiala ke arah Ilkay Gundogan.

Kapten Timnas Jerman itu tampil ngotot di kotak penalti hingga mendorong Willi Orban sebelum mengirim bola ke Musiala. Musiala menuntaskan umpan Gundogan dengan tembakan jarak dekat yang gagal diselamatkan Gulacsi.

Gol tersebut sempat diprotes para pemain Hungaria karena merasa Gundogan lebih dulu melanggar Orban untuk menguasai bola.

Namun, pengecekan VAR menyatakan gol tersebut sah. Kontak antara Orban dan Gundogan dinilai bukan pelanggaran. Jerman memimpin 1-0.

Hungaria berupaya menyamakan kedudukan. Dominik Szoboszlai mendapat kesempatan dari tendangan bebas pada menit ke-26, tetapi tembakannya ke sudut kiri gawang ditepis Neuer. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Die Mannschaft baru bisa menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-67. Sebuah permainan umpan cepat berakhir di kaki Maximilian Mittelstadt yang kemudian mengirimkan umpan silang datar dari sisi kiri ke kotak penalti.

Bola kemudian disambar Gundogan yang berhasil mendapatkan ruang dan tidak terkawal di kotak penalti. Tembakannya ke sudut kanan gawang gagal dihalau Gulacsi.

Pada akhirnya tidak ada tambahan yang tercipta dan Jerman mengamankan kemenangan 2-0 atas Hungaria.(ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 8 Juli 2024
26o
Kurs