Jumat, 5 Juli 2024

Euro 2024: Belanda Libas Rumania 3-0 dan Lolos Perempat Final

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Donyell Malen mencetak dua gol sekaligus memastikan Belanda mengalahkan Rumania dengan skor3-0. Foto: AP

Belanda melaju ke perempat final Euro 2024 setelah melibas Rumania dengan skor 3-0 dalam laga babak 16 besar di Allianz Arena, Munich, Jerman pada Selasa (2/7/2024) malam WIB.

Cody Gakpo membuka keunggulan untuk Belanda di babak pertama. Kemudian brace Donyell Malen memastikan kemenangan untuk tim asuhan Ronald Koeman.

Dilansir dari Antara, pada babak perempat final nanti Belanda akan menghadapi Turki yang berhasil menyingkirkan Austria.

Babak pertama dibuka dengan kesempatan yang diciptakan Belanda lewat tembakan jarak jauh Xavi Simons menit keenam, tetapi bola masih bisa diamankan Florin Nita kiper Rumania.

Belanda baru berhasil membuka keunggulan pada menit ke-20 lewat aksi individu Cody Gakpo. Menerima umpan dari Xavi Simons, penyerang Liverpool itu melakukan cut-inside dari sisi kiri sebelum melepaskan tembakan yang menjebol sudut kiri gawang Rumania meski sempat mengenai tangan Nita.

Meski terus menyerang, Belanda gagal menambah keunggulan mereka hingga babak pertama berakhir. Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Belanda.

Unggul satu gol di babak pertama, Belanda ingin mengamankan posisi lebih aman dengan mencetak gol kedua. Koeman memasukkan Donyell Malen untuk menggantikan Steven Bergwijn pada menit ke-46.

Pada menit ke-58, Belanda nyaris menggandakan keunggulan melalui sundulan Virgil van Dijk setelah menyambut sepak pojok Memphis Depay. Namun, bola hanya membentur tiang.

Gakpo akhirnya bisa mencetak gol keduanya pada menit ke-63 lewat tembakan dari jarak dekat. Namun, gol itu dianulir oleh VAR yang menyatakan sang pemain sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

Belanda akhirnya bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-83 lewat Donyell Malen. Proses gol terjadi kembali dari aksi Cody Gakpo yang mengejutkan lini belakang Rumania sebelum mengirim bola ke Malen.

Malen dengan mudah menceploskan bola ke gawang Rumania untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Malen kemudian kembali mencatatkan namanya di papan skor pada masa injury time. Malen berlari dari tengah lapangan dan melakukan cut-inside ke kotak penalti.

Dia lalu melepaskan tembakan akurat yang membuat Florin Nita mati langkah. Belanda menang 3-0 atas Rumania dan lolos ke babak perempat final Euro 2024. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 5 Juli 2024
31o
Kurs