Minggu, 8 September 2024

Erick Thohir: MotoGP 2024 Mandalika Ajang Pembuktian Indonesia sebagai Destinasi Sportainment Dunia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Erick Thohir Menteri BUMN menghadiri acara Media Briefing Penyelenggaraan Event ARRC dan MotoGP 2024, Jumat (21/6/2024), di Menara Danareksa, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan, penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP 2024 akan jadi bukti konkret Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai destinasi sportainment level internasional.

Menurutnya, pelaksanaan MotoGP di Mandalika yang ketiga kalinya pada 27-28 September mendatang, bakal memberi manfaat buat perekonomian masyarakat lokal, sekaligus mengukuhkan The Mandalika sebagai The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination.

Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) Round 4, tanggal 26-28 Juli 2024.

“Saya optimistis Asia Road Racing Championship dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP bukan cuma balapan motor. Itu juga kesempatan emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya The Mandalika sebagai destinasi sportainment kelas dunia,” ujar Erick dalam Media Briefing Penyelenggaraan Event ARRC dan MotoGP 2024, Jumat (21/6/2024), di Menara Danareksa, Jakarta.

Pada kesempatan itu, Erick mengungkap kontrak 10 tahun yang diberikan Dorna Sports sebagai bentuk kepercayaan global terhadap Sirkuit Internasional Mandalika.

“Ini ketiga kalinya sirkuit di salah satu area wisata itu menjadi tempat para pebalap MotoGP bertarung di lintasan. Terus terang ini sangat memorable. Kalau kita pikir tiga, empat tahun lalu, ketika tahun 2020, enggak kebayang kita punya sirkuit sebagus ini. Saya juga senang karena sirkuitnya ada 240 event setahun. Dulu ada yang bilang, Sirkuit Mandalika bakal mangkrak, bakal tidak berguna. Ternyata, sekarang sudah 240 event. Artinya sudah bisa menghidupi perawatan sirkuit ini,” paparnya.

Di tempat yang sama, Dony Oskaria Direktur Utama InJourney bilang, tahun ini pihaknya bersama para stakeholder terkait berkomitmen meningkatkan kualitas penyelenggaraan.

“Penyelenggaraan ini sangat penting guna menunjukkan komitmen Indonesia menciptakan pariwisata yang berkelanjutan (sustainability tourism). Kepercayaan dari internasional dan pemerintah harus dijaga sebagai bukti kontribusi BUMN kepada Bangsa dan Negara,” ucapnya.

Sementara itu, Ari Respati Direktur Utama ITDC menyatakan, event balapan internasional itu akan dimeriahkan konser musik dan pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kami berharap Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP tahun ini jumlah penontonnya melebihi tahun lalu, dan ada side event yang diawali dengan kegiatan penanaman pohon bersama para pebalap untuk green tourism sustainability,” kata Ari.

Sekadar informasi, kejuaraan dunia MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika akan berlangsung pada 27-29 September 2024. 

Pihak panitia turut mengundang Joko Widodo Presiden dan Prabowo Subianto Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 untuk menyaksikan ajang balap motor bergengsi tersebut.(rid/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs