Jumat, 20 September 2024

Dapat Hukuman Indisipliner Karena Mangkir Latihan, Toni Firmansyah Sampaikan Klarifikasi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Aksi Toni Firmansyah pemain Persebaya Surabaya, ketika membela Timnas U-20 Indonesia dalam uji coba melawan China di Jakarta, Jumat (22/3/2024) malam. Foto: PSSI Aksi Toni Firmansyah pemain Persebaya Surabaya, ketika membela Timnas U-20 Indonesia dalam uji coba melawan China di Jakarta, Jumat (22/3/2024) malam. Foto: PSSI

Toni Firmansyah gelandang muda Persebaya memberikan klarifikasi soal hukuman klub kepada dirinya karena mangkir latihan klub.

Melalui akun instagram @tonii.firmansyah, Minggu (4/8/2024), gelandang 19 tahun itu mengatakan dia tidak mangkir, melainkan sedang ada agenda dengan Timnas Indonesia U-19. Toni mengatakan, sebenarnya hanya ada kesalahpahaman antara dirinya dengan klub.

“Ini berawal dari adanya acara pembubaran Skuad Indonesia U-19 di Jakarta pada 31 Juli kemarin. Saya, sebagai bagian dari Skuad Timnas U-19, diminta ke Jakarta untuk mengikuti acara itu bersama PSSI. Saya juga sudah meminta izin kepada staf pelatih Persebaya soal adanya acara ini. Sore harinya, PSSI sudah berkirim surat kepada manajemen Persebaya terkait acara ini,” tulis Toni lewat unggahan instastory miliknya.

Klarifikasi Toni Firmansyah soal tidak mangkir dari latihan Persebaya karena ada agenda dengan Timnas U19. Foto: Tangkapan layar/ instagram @tonii.firmansyah

Namun, Toni mengatakan pada 1 Agustus lalu, dirinya menerima surat peringatan atau sanksi via WhatsApp dari Yahya Alkatiri mewakili Manajemen Persebaya.

“Bukannya saya berdiam diri atas surat tersebut. Pada 1 agustus, sore harinya sepulang dari Jakarta, saya langsung ke Kantor Persebaya di Sutos, saya meminta maaf secara langsung kepada pak Yahya Alkatiri,” ungkapnya.

Tapi, yang terjadi Yahya Alkatiri tetap memberi sanksi dan meminta Toni untuk ikut latihan bersama Tim Elite Pro Academy (EPA) Persebaya.

“Saya tentu menolak, karena kontrak saya adalah bergabung dengan Tim Senior Persebaya. Bukan Tim EPA,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, sosok Toni Firmansyah tidak terlihat dalam daftar pemain Persebaya Surabaya yang diperkenalkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Minggu sore.

Sementara Persebaya dalam keterangannya mengatakan kalau gelandang 19 tahun itu sedang dihukum karena indisipliner.

“Toni Firmansyah gelandang Persebaya sedang menjalani sanksi disiplin. Sanksi itu dijatuhkan karena Toni mangkir dari sesi latihan tim. Padahal, kehadiran pemain dalam sesi latihan sangat dibutuhkan, apalagi, saat ini dalam periode akhir persiapan menuju pertandingan perdana Liga 1 2024/ 2025 pada 11 Agustus nanti,” bunyi keterangan resmi Persebaya.

“Karena sedang menjalani sanksi disiplin, maka nama Toni tidak diumumkan dalam Team Launching yang dilakukan hari ini di Gelora Bung Tomo. Sanksi yang diberikan kepada Toni diharapkan bisa membuat yang bersangkutan lebih disiplin ke depan, menjadi pemain yang lebih baik lagi,” sambung tim berjuluk Bajul Ijo.

Tidak dijelaskan berapa lama hukuman kepada Toni berlaku. Namun, ada kabar Toni terancam didepak ke Tim EPA U-20 Persebaya. (bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs