Sabtu, 6 Juli 2024

Cabor Atletik Buat Indonesia Makin Perkasa di Puncak Klasemen AUG 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Atlet taekwondo Indonesia saat menerima medali dalam ASEAN University Games (AUG) Surabaya-Malang 2024, Rabu (3/7/2024). Foto: AUG 2024

Cabang olahraga (cabor) atletik Indonesia kembali menunjukkan keperkasaannya di ASEAN University Games (AUG) 2024 dengan meraih tujuh medali emas, tujuh perak, dan lima perunggu.

Dengan raihan medali itu, atletik turut membuat Indonesia kokoh di puncak klasemen AUG 2024 dengan total 19 medali, hanya terpaut satu medali emas dari tim Malaysia.

Menurut Serafi A. Unani, mantan atlet cabor atletik yang juga panitia AUG 2024 menyebut, pencapaian ini sudah sesuai dengan target.

“Sebenarnya kalau dilihat sih sudah sesuai target, dan kami masih punya dua hari lagi untuk menambah perolehan medali,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (3/7/2024).

Serafi juga menyebut para atlet di AUF kali ini lebih baik dibandingkan era saat dirinya mengikuti kejuaraan serupa di Palembang pada tahun 2014.

“Atlet-atlet sekarang itu jauh lebih baik, persiapannya juga sangat luar biasa. Di hari kedua saja kita sudah mengumpulkan tujuh medali emas,” kata Serafi.

Prestasi mencolok datang dari Diva Renata, yang berhasil memecahkan rekor nasional di nomor lompat galah dengan catatan lompatan 4,17 meter. Rekor sebelumnya, yang juga dipegang oleh Diva, adalah 4,15 meter yang dicatatkan pada ASEAN University Games 2022.

“Kami sudah lihat bahwa pembinaan kita sudah cukup baik, contohnya seperti Diva Renata yang terus menunjukkan peningkatan,” ungkap Serafi.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak masyarakat untuk datang dan memberikan dukungan kepada para atlet, dengan datang di Stadion Atletik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang jadi venue pertandingan,

“Besok kita mulai kompetisi jam enam pagi dengan nomor final pertama Jalan Cepat Putra dan Putri. Salah satu kontingen kita, Violin Intan, yang merupakan peraih medali perak SEA Games 2023, akan turun di nomor Jalan Cepat Putri,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 6 Juli 2024
30o
Kurs