Minggu, 8 September 2024

Bukan Runner Up, PSSI Targetkan Timnas Jadi Juara di Fase Grup Piala AFF U-19

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kombes Sumardji Kepala Badan Tim Nasional (BTN) Indonesia. Foto: Dok. Antara

Kombes Pol Sumarjdi Ketua Badan Tim Nasional (BTN) menegaskan target PSSI untuk skuad Garuda Muda di fase grup Piala AFF U-19 adalah keluar sebagai juara grup, bukan runner up.

“Saya sudah sampaikan ke coach Indra sama manajer (timnas), saya tidak ingin nanti kita lolos jadi runner up, saya ingin kita lolos jadi juara grup nah itu nanti kita lihat aja nanti, saya sudah bilang berulang kali itu,” kata Sumardji kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (17/7/2024) sore.

Mantan manajer Timnas itu mengatakan, hal tersebut disampaikannya kepada Indra Sjafri dan jajaran pelatih sesuai instruksi dan target yang ditetapkan Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI.

Sebagai informasi, dalam gelaran AFF U-19 yang dijadwalkan berlangsung di Surabaya mulai 17-29 Juli ini, Timnas Indonesia berada satu grup dengan Timnas Filipina, Timnas Kamboja, dan Timnas Timor Leste.

Adapun skuad Garuda Muda sebagai tuan rumah bakal menjalani pertandingan pertamanya menjamu Timnas Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Rabu malam pukul 19.00 WIB nanti.

Kepada para pemain Timnas U-19, Sumardji juga berpesan supaya betul-betul mau menjalankan strategi yang sudah diajarkan berulang-ulang oleh jajaran pelatih.

“Jalankan itu dengan disiplin, jangan sampai anak-anak keluar dari (strategi) itu, karena ke depan cikal bakalnya (Timnas) U-23 ini ya U-19 ini. Kami ini  jika bakalnya U23 dan senior ini adalah U19 ini. Maka anak-anak ini adalah generasi penerus timnas kita yang semakin hari semakin bagus,” ucapnya.

Dia juga menegaskan yakin Garuda Muda mampu mengatasi perlawanan Filipina U-19 yang dilatih oleh Josep Ferre itu, mengingat baik dari statistik maupun komposisi pemain, Indonesia unggul jauh di atas kertas.

“Kalau dari head to head saya buka-buka data, dari 28 kali pertemuan, Garuda ini menang 23 kali, hanya sekali kalah dan sisanya bermain imbang,” bebernya.

Menurutnya, komposisi pemain Timnas U-19 ini komplit. Antara tim inti dan pelapis cukup kompetitif sehingga susah untuk dibedakan kualitasnya. Karenanya, dia optimis Timnas U-19 ini punya prospek masa depan yang bagus untuk level senior.

“Ini adalah tim yang bakal bagus di pertandingan-pertandingan selanjutnya, dan juga pasti akan menjadi cikal bakal timnas senior yang memang bisa diandalkan,” tutupnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs