Minggu, 8 September 2024

Wali Kota Paris Berenang di Sungai Seine Jelang Olimpiade 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Anne Hidalgo Wali Kota Paris berenang di Sungai Seine pada Rabu (17/7/2024) untuk menyatakan sungai tersebut bersih dan siap digunakan untuk Olimpiade. Foto: Reuters

Anne Hidalgo Wali Kota Paris berenang di Sungai Seine pada Rabu (17/7/2024) dan menyatakan sungai tersebut cukup bersih untuk kompetisi renang Olimpiade.

Anne Hidalgo mengenakan pakaian selam, memercikkan air dan mengapung sebentar, sebelum memasang kacamata selamnya dan menundukkan kepalanya untuk gaya bebas yang sesungguhnya.

“Ini adalah kebahagiaan murni,” katanya setelah keluar dari arena, setelah memenuhi janjinya dengan waktu sembilan hari tersisa sebelum Olimpiade Paris dimulai dilansir dari The Washington Post.

“Sekarang kami siap untuk Olimpiade,” timpal Tony Estanguet presiden panitia penyelenggara Paris 2024, saat berpidato setelah menemani Hidalgo ke dalam air.

Pada Sabtu (13/7/2024) lalu, Amélie Oudéa-Castéra Menteri Olahraga Prancis menjadi pejabat tinggi Prancis pertama yang menaklukkan Sungai Seine.

Renangnya, yang tampaknya dirancang untuk mendahului Hidalgo, tidak berjalan sesuai rencana. Dalam adegan yang direkam di televisi, Oudéa-Castéra terpeleset di tepi sungai dan kemudian meluncur ke dalam air.

Sementara itu, berenang di Sungai Seine sebenarnya telah dilarang selama satu abad karena masalah kesehatan, terutama karena air limbah yang terkadang meluap dari sistem pembuangan limbah lama kota ke Sungai Seine.

Kemudian pada 2015, Hidalgo mengumumkan rencana untuk menjadikan sungai itu sebagai bintang Olimpiade, dengan upacara pembukaan terapung dan renang triatlon serta maraton di sungai tersebut. (saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs