Selasa, 17 September 2024

YDSF Salurkan Bantuan ke Camp Pengungsi di Perbatasan Palestina-Yordania

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
YDSF dan Masjid Jogokariyan Yogyakarta menyerahkan bantuan untuk pengungsi di perbatasan Palestina-Yordania. Foto: YDSF

Tim kemanusiaan dari Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) dan Masjid Jogokariyan Yogyakarta mendistribusian bantuan untuk pengungsi di sembilan lokasi camp perbatasan Palestina-Yordania.

Rokhmad Hidayat koordinator tim kemanusiaan YDSF mengatakan, camp-camp yang mendapatkan bantuan merupakan wilayah terdekat dengan perbatasan antara Gaza dan Yordania yang dihuni ribuan pengungsi.

“Beberapa hari ini kami telah mendistribusikan berbagai bahan pangan siap makan serta paket kebutuhan lainnya yang terdiri dari 16 jenis kebutuhan pokok, seperti tepung, beras, gula, mi, pasta, ikan kaleng, daging kaleng, ayam beku, daging beku, susu bubuk, bumbu masak, keju, roti khubus, hingga kacang-kacangan,” katanya.

Dalam keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net dijelaskan, paket bantuan itu didistribuskan ke camp pengungsi di Rusaifah, Zarqo, Jerash, Mujabalesh, Irbid, Sukhna, Jabal Nadhif, perbatasan Jordania dan Tepi Barat, dan Camp Joufa.

Rokhmad mengatakan, total bantuan yang disalurkan dinikmati hampir 5000 pengungsi. Terdiri dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua dengan menggandeng lembaga kemanusiaan lokal Islamic Center Charity Society (ICCS).

Mahmud Qurneh Koordinator Area ICCS di Amman mengucapkan terima kasih atas bantuan yang disalurkan oleh rakyat Indonesia melalui YDSF.

“Terima kasih atas bantuan bahan pokok ini. Kami akan teruskan kepada pengungsi dan warga Gaza yang membutuhkan,” ujarnya.

Selain itu, mereka juga mengirimkan satu truk kontainer dari Kota Russeifah, yang membawa bantuan bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya langsung menuju Gaza melalui pintu perbatasan Irbid, Yordania.

Jauhari Sani Direktur Utama YDSF menjelaskan, bantuan yang dikirim langsung itu senilai lebih dari Rp1.6 miliar yang diperoleh dari donatur YDSF, jemaah masjid Jogokariyan, juga berbagai donasi baik perorangan maupun lembaga pendidikan dan perusahaan.

Menurut Jauhari, ke depan, program kemanusiaan untuk Palestina akan terus dilakukan YDSF dengan pola dan kemitraan yang lebih besar agar nantinya semakin banyak penerima manfaatnya juga wilayah jangkauannya. (saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs