Rabu, 3 Juli 2024

Wisata Kota Lama Resmi Dibuka Pemkot Surabaya, Diwarnai Becak Kuno hingga Baju Khas Belanda

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Penandatanganan prasasti peresmian Kota Lama, Kamis (27/6/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya resmi membuka Wisata Kota Lama melalui gelaran soft launching hari ini, Kamis (27/6/2024).

Pantauan suarasurabaya.net rangkaian acara yang dibuka Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya sejak pukul 17.00 WIB itu dihadiri ribuan warga.

Selain ramainya wisatawan, beberapa sudut yang pekan lalu masih perbaikan sekarang sudah siap menerima kunjungan, termasuk beberapa atribut dan akomodasi komersial untuk pengunjung. Mulai sewa baju khas Belanda, becak kuno, sepeda kuno, dan sepeda listrik.

Satu transportasi lagi becak listrik akan siap saat grand launching 3 Juli mendatang.

Teatrikal pertempuran Surabaya ditampilkan saat peresmian Kota Lama, Kamis (27/6/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

“Kami cek semua, kami lihat rute, kawasan Eropa, kawasan Pecinan, Jalan Mliwis kami lihat semuanya. InsyaAllah nanti tanggal 3 Juli akan ada grand launching. Selama 27 Juni-3 Juli kami akan evaluasi apa kekurangan kami, setelah itu kami akan sempurnakan. Nanti apa persiapan, kurangnya apa. Coba dulu, kalau dicoba enak, baru dilakukan,” beber Eri saat diwawancarai di Kota Lama Surabaya, Kamis (27/6/2024).

Eri berharap Kota Lama yang penuh cerita sejarah bisa mengenang perjuangan arek-arek Suroboyo dulu.

Deretan becak kuno di peresmian Kota Lama, Kamis (27/6/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ke depan, pemkot ingin melibatkan beragam komunitas untuk meramaikan Kota Lama Surabaya.

“Saya harap komunitas bisa menggerakkan komunitas di Kota Lama. Silakan Kota Lama dipakai, menjadi tempat berkumpulnya komunitas, buat sovenir, ramaikan Kota Lama,” bebernya lagi.

Perbaikan Kota Lama masih sebatas Zona Pecinan dan Zona Eropa, rencananya akan ditambah Zona Arab serta diintegrasikan dengan susur sungai.

Persewaan baju khas Belanda di peresmian Kota Lama, Kamis (27/6/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Di sepanjang Jalan Karet akan dipakai dengan deretan kafe kopi. Sementara street food akan disiapkan di sisi jalan lain.

“Pemkot menyediakan tempat, bergerak komunitas Surabaya. Saya berharap ini menjadi tempatnya anak muda yang mengeluarkan kreasi, menjadi komunitas. Ayo los gae arek enom,” tandasnya. (lta/iss/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 3 Juli 2024
28o
Kurs