Jumat, 13 September 2024

Vaksin Polio untuk Anak-Anak Gaza Sedang Diusahakan Masuk Lewat Ramalah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang anak Palestina membawa wadah air di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan pada 6 Juli 2024, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas. Foto: Getty Images

Kementerian Kesehatan Palestina pada, Minggu (25/8/2024), mengatakan vaksin polio nOPV akhirnya dapat didistribusikan dan sedang dilakukan koordinasi untuk bisa membawa vaksin tersebut ke Jalur Gaza.

Melansir kantor berita Palestina, WAFA, vaksin tersebut singgal lebih dulu di Kota Ramalah, Tepi Barat Palestina sebelum nantinya dibawa ke Gaza.

Lewat pernyataan Kementerian Kesehatan Gaza, disebutkan juga bahwa peralatan rantai dingin yang diperlukan untuk mengawetkan pasokan vaksin di Jalur Gaza juga telah berhasil dibawa masuk. Peralatan rantai dingin itu akan didistribusikan ke pusat-pusat rujukan vaksinasi.

Selain itu, pihak kementerian juga meminta lembaga-lembaga internasional untuk bertindak dan menekan otoritas pendudukan agar menghentikan agresi mereka terhadap orang-orang Palestina di Jalur Gaza.

Tujuannya, supaya tim medis dapat memvaksinasi anak-anak sekaligus mencegah penyebaran virus polio di wilayah yang sejak 7 Oktober lalu terjadi genosida atas serangan brutal Israel.

Israel sejauh ini telah membunuh 40.200 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, serta lebih dari 93.000 luka-luka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade yang terus berlangsung di Gaza telah menyebabkan kekurangan parah akan makanan, air bersih, dan obat-obatan, yang membuat sebagian besar wilayah tersebut hancur lebur.

Israel menghadapi tuduhan genosida di Pengadilan Internasional yang telah memerintahkan penghentian operasi militer di kota Rafah, di mana lebih dari satu juta warga Palestina telah mencari perlindungan sebelum area tersebut diinvasi pada 6 Mei. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 13 September 2024
31o
Kurs