Senin, 28 Oktober 2024

Upacara Sumpah Pemuda, Pj Gubernur Jatim Soroti Indeks Partisipasi Pemuda

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono Pj Gubernur Jawa Timur saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2024). Foto: Arvin Fayruz MG suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menggelar upacara Hari Sumpah Pemuda di Gedung Negara Grahadi, Senin (28/10/2024) pagi, dengan berbagai rangkaian acara serta penampilan.

Tarian kolosal bernama Art Youth Banyuwangi menjadi salah satu penampilan yang mewarnai Upacara Hari Sumpah Pemuda di Grahadi.

Dalam momen peringatan hari sumpah pemuda ini, Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jatim menyoroti tentang indeks partisipasi pemuda dalam pembangunan daerah.

Adhy mengatakan, indeks partisipasi pemuda di Jatim terbilang masih kurang, untuk itu Pemprov Jatim selalu memberikan support terhadap aktivitas organisasi kepemudaan.

“Hari ini kita menyoroti tentang bagaimana pemuda bisa berdaya, dari indeks partisipasi pemuda yang mungkin kita masih kurang ya, walaupun semakin ke sini partisipasi pemuda dalam pembangunan semakin besar tetapi masih ada pemuda yang belum tergali potensinya,” ujar Adhy ditemui usai upacara.

Tari kolosal yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga berjudul Art Youth Banyuwangi dalam rangka memeriahkan Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Gedung Negara Grahadi, Senin (28/10/2024). Foto: Arvin Fayruz MG suarasurabaya.net

Menurut Pj Gubernur Jatim itu, semua pemuda punya hak untuk berkontribusi terhadap pembangunan daerah. Oleh karena itu, berbagai kebijakan telah dirumuskan untuk mendorong keterlibatan pemuda dalam pembangunan.

“Saya kira kebijakan terkait dengan kepemudaan ya, untuk mereka bisa berpartisipasi mulai dari olahraga, bidang pembangunan, kemudian menggelorakan semua event untuk anak muda ya kemudian juga untuk organisasi kepemudaan, kita memberikan support,” jelasnya.

“Hampir seluruh organisasi kepemudaan kita support dari pemprov untuk bisa melaksanakan aktivitasnya,” imbuh Adhy.

Selain itu, menjelang momentum Pilkada Serentak 2024 ini, Adhy berharap pemuda di Jatim lebih partisipatif supaya menumbuhkan kualitas indeks demokrasi.

Sebab, dari daftar pemiliih tetap (DPT) di Jatim, 60 persen merupakan pemilih dengan usia muda.

“Ini kesempatan ya bahwa sekarang sudah melek tentang bagaimana politik, bagaiman kontestasi pemuda bisa lebih jelih melihat calon yang bisa sesuai dengan visinya, sesuai dengan harapannya. Harapannya adalah pemuda yang 60 persen pemilih ini ikut berpartisipasi untuk mencoblos 27 november nanti ya,” tandas Adhy. (wld/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 28 Oktober 2024
38o
Kurs