Kamis, 19 September 2024

Upacara Hari Kemerdekaan di Balai Kota Surabaya Undang Seribu Warga

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pengibaran bendera Merah Putih saat upacara peringatan HUT RI ke-78 di Balai Kota Surabaya, Kamis (17/8/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 tahun Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 akan mengundang seribu warga.

Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya menyebut, ada kuota 1.000 kursi untuk masyarakat yang ingin mengikuti upacara di Halaman Balai Kota Surabaya.

“Kita masih melakukan persiapan awal untuk Upacara Kemerdekaan RI di Balai Kota. Antara lain, menyiapkan tampilan seni dan daftar undangan, untuk kuota saat ini masih kita diskusikan kurang lebih 1.000 warga sama seperti tahun sebelumnya,” kata Yayuk sapaan akrabnya lewat keterangan pers, Selasa (6/8/2024).

Pendaftaran online dilakukan terbuka namun masih menunggu koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Iya untuk link pendaftarannya akan dikoordinasikan dengan Diskominfo. Karena kita masih tahap awal linknya belum dibuka tapi direncanakan seperti itu (pendaftaran online),” paparnya.

Termasuk ketentuan kostum, lanjut Yayuk menunggu petunjuk teknis dan tata cara upacara dari Sekretariat Negara. Bisa busana batik atau pakaian bernuansa kemerdekaan.

“Kita masih menunggu petunjuk teknis,  boleh bernuansa kemerdekaan boleh mengenakan batik. Kalau petunjuk lebih lanjut sudah keluar masyarakat bisa menyesuaikan, tapi kalau tidak punya boleh menggunakan batik,” jelasnya.

Sementara sejumlah penampilan seni juga akan disiapkan, dengan melibatkan masyarakat lintas budaya dan agama.

“Nanti akan ada tampilan kolaborasi yang dikoordinasi oleh Disbudporapar. Pertunjukan yang menggambarkan nuansa seluruh wilayah nusantara dengan melibatkan masyarakat lintas agama. Penampilan ini dikonsep sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini, yaitu ‘Nusantara Baru Indonesia Baju’,” jelasnya.

Tujuan penampilan seni untuk menunjukan Kota Surabaya yang majemuk dan pluralisme tapi tetap menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Jumlah petugas upacara, akan ada 98 orang Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang lolos seleksi Juni lalu.

“Tahap seleksi sudah selesai. Latihannya akan dimulai pada tanggal 4 Agustus sampai 18 Agustus 2024. Mereka sebelumnya juga sudah dinyatakan oleh lolos seleksi fisik dan kesehatan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes),” ungkap Yayuk.

Ia mengajak masyarakat berpartisipasi menyemarakkan HUT RI ke-79 dengan memasang bendera merah putih dan menghias wilayahnya masing-masing dengan nuansa merah dan putih.

“Kita juga sudah menyampaikan edaran kepada warga Kota Surabaya untuk berpartisipasi dan perperan aktif dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya sudah membagikan 10 ribu bendera kepada masyarakat melalui Kantor Kecamatan, Kelurahan, Koramil, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan juga lewat komunitas.

“Distribusi bendera sekitar 10 ribu untuk menyemarakan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Kota Surabaya,” tandasnya. (lta/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
28o
Kurs