Minggu, 8 September 2024

Universitas Terbuka Surabaya Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Umum dan RPL

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Universitas Terbuka (UT) Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru program studi diploma dan sarjana untuk tahun ajaran baru. Foto: UT Surabaya

Universitas Terbuka (UT) Surabaya membuka pendaftaran mahasiswa baru program studi diploma dan sarjana untuk tahun akademik 2024/2025 pada 6 Mei hingga 26 Agustus 2024.

Pendaftaran mahasiswa baru tersebut, dibagi menjadi dua jalur, yakni jalur umum (SMA, SMK, MA sederajat, Paket C) dan jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

“Khusus jalur RPL pendaftaran akan ditutup pada 25 Juli 2024,” kata Dwianto Asmara Manajer Marketing dan Registrasi UT Surabaya dalam keterangan, Jumat (19/7/2024).

Ia mengatakan, keunggulan kuliah di UT, yakni memungkinkan mahasiswa belajar dengan metode jarah jauh atau secara online.

Dengan metode tersebut, UT memberikan kesempatan bagi seluruh warga negara Indonesia untuk mengakses pendidikan tinggi.

“Metode pembelajaran fleksibel ini diharapkan mampu meningkatkan daya jangkau dan pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia,” ucapnya.

Total ada empat fakultas dengan berbagai program studi yang disediakan oleh UT, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang memiliki prodi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Akuntansi Keuangan Publik, dan Pariwisata.

Kedua, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Ketiga, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang memiliki Prodi Statistika, Matematika, Biologi, Teknologi Pangan, Agribisnis, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistem Informasi, Sains Data.

Serta keempat, Prodi Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) dengan Prodi Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, Hukum, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Sosiologi, Sastra Inggris, Perpajakan (D3), Kearsipan (D4).

“Selain sarjana, UT juga menawarkan program magister dan doktor,” imbuhnya.

Sementara itu, Suparti Direktur UT Surabaya menyatakan bahwa kantor pusat UT menargetkan tahun ajaran baru nanti, bisa menerima satu juta mahasiswa baru.

“Target itu dipecah-pecah ke UT daerah di seluruh Indonesia dan luar negeri. Kebetulan target kami di semester ini 41 ribu mahasiswa,” jelasnya.

Untuk saat ini, total mahasiswa aktif yang ada di UT Surabaya sendiri, ada sekitar 28.500 mahasiswa.

Seperti diketahui, UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 1282/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024. (ris/bil/ISS)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs