Senin, 14 Oktober 2024

Universitas Ciputra Surabaya Deklarasikan Kampus AI Friendly

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Universitas Ciputra (UC) Surabaya mendeklarasikan diri sebagai kampus Artificial Intelligence (AI) Friendly di UC Surabaya, Senin (14/10/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Universitas Ciputra (UC) Surabaya mendeklarasikan diri sebagai kampus Artificial Intelligence (AI) Friendly di Dian Auditorium, UC Surabaya, Senin (14/10/2024).

Trianggoro Wiradinata Direktur AI and Technology Transformation UC mengatakan, langkah ini dilakukan seiring dengan berkembangnya teknologi AI yang telah membawa perubahan signifikan di berbagai industri, termasuk pendidikan.

“Kehadiran AI generatif membuka peluang baru dalam cara belajar, bekerja, dan memecahkan masalah,” katanya.

Penerapan AI dalam pembelajaran, kata dia, juga sekaligus untuk mendukung Indonesia dalam persaingan global dan menggapai misi Indonesia Emas 2045.

Ia menegaskan bahwa UC berkomitmen dalam mempersiapkan generasi yang mampu beradaptasi dengan perkembangan AI melalui kegiatan edukatif, seperti pelatihan dan seminar.

Trianggoro Wiradinata Direktur Artificial Intelligent (AI) and Technology Transformation Universitas Ciputra (UC) Surabaya saat memaparkan kampus AI friendly di UC Surabaya, Senin (14/10/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam perkembangan teknologi seperti AI, lanjut dia, UC tidak memandangnya sebagai ancaman. Melainkan, sebagai pelecut semangat untuk terus melesat beriring dengan perkembangan zaman.

“Dalam UC People AI Super User Launching Ceremony, acara ini dikemas dengan berbagai kegiatan seperti AI talkshow, gallery walk aplikasi berbasis AI, dan workshop generative AI,” ucapnya.

Sementara itu, Yohannes Somawiharja Rektor UC mengatakan bahwa AI di tangan orang yang terampil akan menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat.

“Namun, di tangan yang kurang mumpuni, AI hanya akan menjadi another good tool tanpa optimalisasi,” katanya.

Dalam penerapan AI selama proses pembelajaran, ia menyatakan bahwa bukan hanya fasilitas yang disiapkan, tetapi juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Seperti diketahui, dalam launching UC kampus AI friendly itu, juga dipamerkan inovasi mahasiswa berupa aplikasi dalam beberapa bidang, seperti kesehatan dan kebugaran, hingga permainan. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Senin, 14 Oktober 2024
31o
Kurs