Kamis, 19 September 2024

Unesa Satu-satunya Wakil Indonesia dalam Forum Perubahan Iklim di Azerbaijan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Perwakilan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) saat berada di Azerbaijan dalam forum perubahan iklim. Foto: Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang mewakili Indonesia dalam THE University Impact Forum yang diselenggarakan di State Oil and Industry University Baku-Azerbaijan pada 11-12 September 2024.

Bambang Sigit Widodo Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi, Pemeringkatan, Publikasi dan Science Center Unesa, mengatakan, forum tersebut membahas tentang perubahan iklim, yakni kolaborasi untuk menyelesaikan masalah lingkungan tersebut.

“Membangun kesadaran masyarakat terkait perubahan iklim bukanlah sesuatu yang sederhana. Diperlukan sebuah proses dan komitmen yang kuat untuk mewujudkannya,” katanya dalam keterangan, Senin (16/9/2024).

Sebagai salah satu universitas yang ikut berupaya dalam menyelesaikan masalah tersebut, ia mengatakan bahwa perlu konsep pendidikan yang mampu mewujudkan kesadaran dalam menjawab tantangan perubahan iklim.

“Unesa cukup optimistis mampu menguatkan capaian Sustainable Development Goals 13, khususnya dalam pemeringkatan THE Impact Ranking tahun berikutnya. Pak Rektor Cak Hasan juga mendukung dengan diinisiasi adanya SDGs center di Unesa mulai tahun 2025,” ucapnya.

Nadi Suprapto Guru besar sekaligus Direktur Inovasi, Pemeringkatan, dan Publikasi Ilmiah Unesa menambahkan, perubahan iklim merupakan masalah yang sangat serius dan harus bisa diselesaikan dengan baik, demi masa depan generasi.

Menurutnya, perlu peran dari berbagai pihak untuk mengatasi masalah tersebut, mulai darai perguruan tinggi hingga masyarakat, tak terkecuali anak.

“Yaitu dampak perubahan iklim terhadap tujuan SDG yang lain serta bagaimana universitas dapat menggunakan pengaruhnya terhadap pemangku kepentingan lainnya dan menjadi duta dalam mitigasi perubahan iklim,” ucapnya.

Julia Selxas selaku Pro rector NOVA University Lisbon mengatakan, saat ini masih sangat perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang masalah iklim dan bagaimana menyelesaikannya. Karena menurutnya, penguasaan konsep mahasiswa tentang iklim masih rendah.

“Pendidikan tinggi memiliki tugas untuk memproduksi material dan sumber belajar untuk mendukung pendidikan perubahan iklim dan perlunya ada komunitas riset interdisipliner dengan melibatkan banyak institusi,” katanya.

Terkait dengan hal tersebut, Christine Ozden dari Global director of climate education Cambridge University Press and Assessment yang juga panelis dalam forum tersebut menambahkan, bahwa perlu juga penelitian untuk mendorong pengetahuan ilmiah hingga dukungan pimpinan melalui pelatihan.

“Perlu juga adanya inovasi dalam pendidikan perubahan iklim melalui kolaborasi internasional, pengembangan metodologi penelitian terkait perubahan iklim, penerapan kecerdasan buatan, dan pengembangan kurikulum tentang perubahan iklim,” katanya.

Sebagai informasi, setelah kegiatan tersebut, Unesa akan kembali menghadiri undangan United Nations Climate Change Conference or Conference of the Parties of the UNFCCC yang sekarang dikenal sebagai COP 29 di Baku Azerbaijan pada 11-22 November 2024 mendatang. (ris/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
23o
Kurs