Minggu, 8 September 2024

Unesa Raih Penghargaan Kampus Kebangsaan dari BNPT RI

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meraih penghargaan Kampus Kebangsaan dari BNPT RI. Foto: Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meraih penghargaan sebagai Kampus Kebangsaan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) ke-14.

Nurhasan Rektor Unesa mengatakan, diraihnya penghargaan itu merupakan keberhasilan kampus dalam mewujudkan iklim akademik yang damai, toleran dan anti kekerasan.

“Ini selaras dengan komitmen Unesa dalam mengaktualisasikan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan di kampus, seperti integrasi nilai kebangsaan dalam perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan seperti seminar, dialog, camp interfaith, serta training kader kebangsaan,” katanya dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (17/7/2024).

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), kata dia, Unesa telah menjalakan berbagai upaya yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan nasionalisme bangsa Indonesia.

Upaya tersebut, yakni pemberian pendampingan toleransi melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan di Desa Pancasila yang terletak di Kabupaten Lamongan.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa SDM yang ada di lingkungan Unesa selalu taat dan setia terhadap pancasila dan NKRI.

“Selaras dengan beragamnya penelitian yang dilakukan oleh para dosen yang mengangkat tema kebangsaan dan profil pelajar pancasila,” ucapnya.

Dalam mengawal komitmen kebangsaan itu, ia menyatakan bahwa Unesa memiliki Sub-Direktorat khusus yakni Subdit Ideologi, Moderasi Beragama dan Bela Negara.

“Unesa sebagai kampus yang damai, toleran, dan anti-kekerasan akan terus mengawal nilai-nilai kebangsaan baik dalam internal maupun eksternal kampu,” tandasnya.(ris/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs