Rabu, 3 Juli 2024

Unesa Jadi Tuan Rumah JWG Indonesia-Prancis XIII, Bahas Riset-Inovasi Berkelanjutan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Para pejabat dan seluruh delegasi dua negara dalam JWG XII 2022 di University Polytechnic Hauts-De-France, Prancis. Foto: Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi tuan rumah Joint Working Group (JWG) Indonesia-Prancis XIII, yang diselenggarakan di Graha Unesa pada 2-4 Juli 2024.

Nurhasan Rektor Unesa mengatakan, forum tersebut merupakan wujud kerja sama strategis bidang pendidikan antara pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek dan pemerintah Prancis melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan Pemuda.

“Forum ini mempertemukan para pejabat, pakar, lembaga pendidikan tinggi, dan aktor kunci terkait di bidang pendidikan tinggi, riset, dan inovasi antar-dua negara. Tujuannya untuk memonitor, mengevaluasi, dan mengeksplorasi kerja sama lebih lanjut,” katanya, Senin (1/7/2024).

Martadi Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Unesa menambahkan, JWG yang ke-13 ini mengusung tema “Fostering Indonesia-French Higher Education, Research, and Innovation Partnership for Advanced and Sustainable Future”.

Kegiatan itu, kata dia, memiliki signifikansi bagi perguruan tinggi, yakni sebagai penguatan kerja sama internasional sekaligus ajang berbagi dan belajar best practice bidang pendidikan.

“Sekitar 30 perguruan tinggi Prancis akan hadir, dan sekitar 48 perguruan tinggi negeri dan swasta Indonesia juga hadir. Ada sekitar 350 pakar, praktisi, dan pemangku kepentingan bidang pendidikan Indonesia dan Prancis yang berkumpul, memperkuat koneksi, dan berbagi praktik baik kerja sama di Unesa,” bebernya.

JWG XIII 2024 dikemas dalam sejumlah bentuk kegiatan. Hari pertama, dilakukan welcoming dinner peserta JWG bersama jajaran pemerintah Indonesia dan Pemprov Jatim di Kantor Gubernur Jatim.

Hari kedua, opening ceremony di Graha Unesa dan dilanjutkan dengan sesi pleno untuk membahas seputar pendidikan. Kemudian diskusi sesi paralel tentang “Partnership in Higher Education” dan sesi paralel tentang “Partnership in Research” yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Psikologi Unesa.

“Ada juga pameran pendidikan yang menampilkan sejumlah program dan inovasi unggulan dua negara,” bebernya.

Hari ketiga, diadaka workshop tematik, kemudian terdapat pertemuan bilateral antara Indonesia dan Prancis. Serta, ada sesi rapat tinggi yang membahas seputar kemitraan pendidikan tinggi (Mobility, Academic, & Research Partnership), Scientific Research Partnership, dan diskusi pelaksanaan JWG berikutnya. Kemudian, closing ceremony juga diselenggarakan di Graha Unesa.

Seperti diketahui, JWG pertama kali diselenggarakan di Bali pada 2009. Awalnya, forum kerja sama itu digelar satu tahun sekali. Tetapi, pada JWG ke-12 di University Polytechnic Hauts-De-France, Prancis tahun 2022 lalu, disepakati bahwa JWG dilaksanakan dua tahun sekali. Pada kesempatan itu juga diputuskan pelaksanaan JWG yang ke-13 diselenggarakan di Unesa. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 3 Juli 2024
28o
Kurs